Banyak Calon PMI Terjebak Masalah, Berangkat Non Prosedural. Tahun ini Ada Dua TKW Pulang Alami Depresi

- 19 Februari 2021, 19:37 WIB
Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan Cianjur, Ali Hildan, Banyak Calon PMI Terjebak Masalah, Berangkat Non Prosedural. Tahun ini Ada Dua TKW Pulang Alami Depresi
Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan Cianjur, Ali Hildan, Banyak Calon PMI Terjebak Masalah, Berangkat Non Prosedural. Tahun ini Ada Dua TKW Pulang Alami Depresi /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Minimnya keterampilan dan lapangan kerja di tanah air membuat sejumlah orang memutuskan untuk menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Bahkan bagi sejumlah masyarakat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat bekerja sebagai TKI masih menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dengan bekerja di luar negeri.

Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan Cianjur, Ali Hildan mengatakan keinginan untuk memperbaiki kondisi perekonomian keluarga menjadi satu di antara motivasi masyarakat memutuskan untuk menjadi PMI.

Baca Juga: Kejaksaan Periksa Sembilan Orang Terkait Dugaan Tindak Pidana Korupsi Uang Gesek Agen e-Warong

Apalagi pilihan untuk menjadi pekerja migran itu, lanjut Ali, didasari oleh tawaran penghasilan yang menggiurkan jika dibandingkan dengan bekerja di dalam negeri.

"Akan tetapi kurangnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat calon PMI justru mengakibatkan mereka terjebak dalam berbagai permasalahan. Tak sedikit calon PMI yang berangkat melalui jalur non prosedural," kata Ali, kepada wartawan, Jumat 19 Februari 2021.

Berdasarkan data, kata Ali, sepanjang tahun ini terdapat dua pekerja migran asal Cianjur yang mengalami depresi sepulang dari Arab Saudi.

Baca Juga: Pekan ini Liga Inggris 20-23 Februari, Jadwal Siaran Langsung di NET TV dan Mola TV, Arsenal vs City

"Hampir sebagian besar merupakan PMI yang berangkat melalui jalur non prosedural. Sepanjang tahun ini ada dua yang pulang dalam kondisi depresi," jelasnya.

Kedua PMI yang mengalami depresi sepulang dari Arab Saudi, sambung Ali, yaitu Siti Maeumanah warga Kecamatan Mande, dan Lilih warga Kecamatan Cibeber. "Kami berusaha membantu untuk pemenuhan hak-hak dari kedua PMI itu," ujarnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x