Masya Allah, Fenomena Langka Malam Ini Posisi Bulan Purnama Tegak Lurus dengan Ka’bah

- 28 Januari 2021, 21:19 WIB
BULAN purnama/DOK. PR
BULAN purnama/DOK. PR /

Litterasi News – Kamis 28 Januari 2021 malam waktu setempat di Kota Mekah, Saudi Arabia terjadi fenomena alam yang langka, di mana bulan purnama sejajar dengan titik pusat kiblat umat Islam sedunia, Ka’bah.

Semua orang yang berada di kota suci itu bisa menyaksikannya secara langsung dengan mata telanjang, di mana posisi bulan purnama berada tegak lurus secara vertical dengan ka’bah yang berada di Masjidil Haram itu.

“Bulan akan terbit dengan matahari terbenam dari ufuk utara/timur laut, dan terbenam di ufuk utara/barat laut, yang berarti akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam. Lingkaran bulan tetap 24 jam di atas cakrawala, seperti matahari tengah malam di musim panas,” demikian dijelaskan Majed Abu Zahira, presiden Asosiasi Astronomi Jeddah, dalam wawancara dengan Al Arabiya, dikutip Literasi News dari Himpuh.or.id.

Baca Juga: Komisi X DPR RI Desak Pemerintah Segera Percepat Proses Pengangkatan Guru Honorer Jadi ASN

Selanjutnya dijelaskan, bulan purnama akan sejajar secara vertikal dengan Ka’bah pada pukul 24:43:34 waktu setempat atau pukul 21:43:34 GMT pada ketinggian 89,57,46 derajat.

Seperti diketahui, selisih waktu antara Indonesia dengan wilayah kota Mekah yakni 4 jam.

Tepat pada waktu tersebut ingkaran bulan akan diterangi secara penuh sampai 99,9Persen pada jarak 381.125 km dari bumi.

“Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan terbitnya matahari pada Jumat malam,” katanya.

Baca Juga: Ada Program Petani Milenial di Jawa Barat Untuk 5000 Pemuda di Buka Pendaftarannya Bulan Februari 2021

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: Himpuh.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x