Renovasi Masjid Istiqlal Pertama Setelah 42 Tahun, Ini Foto-fotonya

- 11 Januari 2021, 07:00 WIB
Sejak diresmikan tahun 1978, baru kali ini Masjid Istiqlal menjalani renovasi.
Sejak diresmikan tahun 1978, baru kali ini Masjid Istiqlal menjalani renovasi. /presidenri.go.id/


Literasi News - Pada Kamis, 7 Januari 2021, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan tentang telah selesainya renovasi Masjid Istiqlal. Renovasi itu adalah yang pertama kali sejak Masjid Istiqlal diresmikan pada 22 Februari 1978. Renovasi itu menelan biaya Rp511 miliar yang bersumber dari APBN.

Sebelumnya, Jokowi sudah tiga kali melihat-lihat hasil renovasi Masjid Istiqlal. Jokowi pun terkesima karena Masjid Istiqlal berubah total dan tampak seperti baru lagi.

"Landscape-nya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi. Lantainya juga, saya lihat sudah tiga kali, lebih berkilau. Tata cahayanya juga diganti, sangat modern dan indah. Dan sungai yang membelah (Masjid) Istiqlal juga semakin bersih dan rapi," ujarnya, saat mengumumkan tuntasnya renovasi masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

Baca Juga: Begini Kronologis Teknis Hilang Kontak Pesawat Sriwijaya Air SJY 182. Simak uraian Menhub Budi

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi hasil renovasi Masjid Istiqlal itu. Soalnya, tak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika.

"Dan yang tidak kalah penting, tetap mempertahankan pada kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid, ini sangat penting," ujarnya.

Jokowi menuturkan, Masjid Istiqlal didirikan sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat Allah Swt karena bangsa Indonesia mendapat kemerdekaan. Itu jelas terekam pada tahun 1953 ketika para tokoh umat Islam berkumpul untuk mencetuskan ide mendirikan sebuah masjid sebagai simbol kemerdekaan Indonesia. Dan juga telah disepakati namanya Istiqlal sebagai nama masjid, yang dalam bahasa Arab memiliki arti kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: presidenri.go.id jakarta-tourism.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x