Dari Jakarta ke Bali Pakai Mobil Listrik?Tak Perlu Ragu, 8 Charging Station Sudah Siap Pakai

- 4 Januari 2021, 21:27 WIB
Mobil listrik Hyundai Ionic memulai perjalanan dari Kantor PT PLN Pusat Jakarta, menuju Denpasar Bali
Mobil listrik Hyundai Ionic memulai perjalanan dari Kantor PT PLN Pusat Jakarta, menuju Denpasar Bali /Instagram/kementerianbumn/

Literasi News - Era kendaraan listrik sudah di depan mata. Sejumlah investor luar negeri menanamkan uangnya untuk membangun pabrik pembuatan baterai kendaraan listrik.

Pemprov Jabar menginsiasinya dengan membeli tiga mobil dinas bertenaga listrik merek Hyundai Ioniq. Tiga mobil itu telah diserahkan langsung Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia, Sung Jong Ha kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Selasa, 29 Desember 2020 lalu.

Namun demikian, masyarakat masih banyak yang meragukan soal ketersediaan tempat mengisi listrik atau mengecharge kendaraannya. Atau disebut Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Baca Juga: Innalillahi, Keluarga Besar NU Berduka, Tiba-tiba Kehilangan Sosok Ulama Ahli Quran Ini

Untuk memberi gambaran hal tersebut, PT PLN beberapa waktu lalu melakukan pengecekan sekaligus menjajal SPKLU yang ada di sepanjang jalur Jakarta-Bali.

Perjalanan dilakukan selama 2 hari yaitu 25-26 Desember 2020. Jarak yang ditempuh Jakarta-Denpasar ialah 1.248 km.

Titik keberangkatan dimulai dari PT PLN Kantor Pusat Jakarta. Di sana pula, mobil listrik di-charge pertama kali di SPKLU PT PLN. Mobil yang digunakan ialah Hyundai Ioniq, sama seperti yang dipakai Pemprov Jabar.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Cair Rp1,2 Juta Cair di Bulan Januari Cek Rekening BSU BPJSnya

Salah satu yang mengendarai mobil itu ialah Komisaris PT PLN Dudy Purwagandhi. "Saya mencoba ini sebenarnya untuk melihat bagaimana PLN menyiapkan infrastruktur untuk mendukung masyarakat yang menggunakan mobil listrik atau kendaraan listrik lainnya," katanya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kementerian BUMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x