Literasi Remaja Masih Rendah, Ini Solusi Kemendikbud

- 24 September 2020, 06:49 WIB
Gerakan literasi (Foto: pikiran-rakyat.com)
Gerakan literasi (Foto: pikiran-rakyat.com) /

LiterasiNews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah mengembangkan kurikulum yang bisa memecahkan masalah masih rendahnya tingkat literasi remaja di tanah air.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri menegaskan bahwa literasi harus ditingkatkan di kalangan remaja.

"Kemendikbud mengembangkan kurikulum yang menekankan pada penguasaan kompetensi serta penguatan karakter peserta didik," ujar Jumeri, dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 14 September 2020.

 

Sementara itu, Asisten Deputi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi RB, Akuntabiltas Aparatur dan Pengawasan III Kementerian PAN-RB, Napthalina Sipayung, mengatakan perlu sinergitas semua pihak untuk meningkatkan literasi masyarakat. Di antaranya, perpustakaan daerah harus mampu melakukan inovasi.

Maka dibutuhkan kebijakan yang mendukung kemajuan perpustakaan. Hal itu dapat terwujud jika pimpinan daerah, baik kepala daerah maupun DPRD, bersama-sama memberikan prioritas untuk memajukan perpustakaan.

"Bukan hanya tugas Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pemimpin daerah mulai Gubernur, walikota, bupati hingga kepala desa. Tapi seluruh masyarakat, termasuk kita para penggiat literasi mempunyai kewajiban supaya masyarakat gemar membaca," ujar Napthalina dalam webinar 25 Tahun Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Menuju SDM Unggul Indonesia Maju.

Napthalina pun memuji langkah cepat yang dilakukan Perpusnas yang tetap melakukan aktivitas untuk penguatan literasi meskipun sedang tidak melayani pengunjung secara fisik.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, menegaskan, budaya membaca buku seharus ditanamkan sejak usia dini. Sebab, melalui membacalah cakrawala berpikir seseorang akan terbuka dan menyerap banyak ilmu pengetahuan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x