Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila Sebagai Dasar Negara Merdeka Pada 1 Juni 1945

- 28 Mei 2023, 13:20 WIB
Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila Sebagai Dasar Negara Merdeka Pada 1 Juni 1945.
Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila Sebagai Dasar Negara Merdeka Pada 1 Juni 1945. /Foto: Antara /

Literasi News - Peringatan hari lahir Pancasila
bertujuan agar rakyat Indonesia tetap mengingat dasar ideologi bangsa Indonesia, yaitu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan pada tahun ini jatuh pada hari Rabu, 1 Juni 2023.

Lahirnya Pancasila itu sendiri merupakan sebuah judul pidato yang disampaikan oleh Presiden Pertama Bangsa Indonesia Soekarno pada 1 Juni 1945.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, Bingkai Terbaru Pas Banget Buat Foto Profil

Dalam Pidatonya Soekarno menyampaikan untuk kali pertama konsep dan rumusan awal Pancasila yang dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar Negara Merdeka.

Adapun sejarahnya berawal dari kekalahan Jepang pada perang Pasifik, kemudian mereka berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan dalil Kemerdekaan kepada Indonesia.

Mereka juga membentuk sebuah lembaga yang tugasnya mempersiapkan tugas tersebut. Lembaga tersebut dinamakan Dokuritsu Junbi Casakai, pada sidang pertamanya ditanggal 29 Mei 1945. Sidang tersebut di adakan di gedung Chuo Sangi In, yang sekarang adalah Gedung Pancasila, yang membahas tema dasar Negara.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Shin Tae Yong Untuk Melawan Argentina

Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, kemudian pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait Dasar Negara Indonesia, yang dinamai (Pancasila).

Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Soekarno menyebutkan lima dasar untuk Negara Indonesia, yakni Sila pertama (Kebangsaan), sila kedua (Internasionalisme atau Perikemanusiaan), sila ketiga (Demokrasi), sila keempat (Keadilan sosial), dan sila kelima (Ketuhanan yang Maha Esa).

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x