Kemenag dan Staf Kepresidenan Menjamin Program Kemandirian Pesantren Bebas Pungli

- 20 Mei 2023, 16:23 WIB
Kemenag dan Staf Kepresidenan Menjamin Program Kemandirian Pesantren Bebas Pungli.
Kemenag dan Staf Kepresidenan Menjamin Program Kemandirian Pesantren Bebas Pungli. /Kemenag

Literasi News - Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag), Waryono Abdul Ghofur memastikan Program Kemandirian Pesantren berupa Bantuan Inkubasi Tahun 2023 yang disalurkan pihaknya bebas potongan.

 

Para calon penerima juga diminta untuk tidak menanggapi oknum-oknum yang mengatasnamakan Kemenag demi mendapat keuntungan pribadi (pungli).

"Jadi jika ada orang yang merasa menjadi washilah (perantara) dan berjasa atas pesantren yang diundang malam hari ini, kemudian meminta persentase (imbalan), maka langsung tolak ba'in, artinya jangan diladeni," tegas Waryono, dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Kemandirian Pesantren Kemenag Gelombang III, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 18 Mei 2023, malam.

Baca Juga: Sir Alex Ferguson Memberikan Salam Perpisahan Kepada Phil Jones

Kegiatan Bimtek kali ini diikuti sebanyak 262 perwakilan pondok pesantren. Sedangkan total calon penerima sebanyak 1.500 pondok pesantren dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

"Kegiatan ini menjadi momentum yang tepat untuk menjalin sinergitas dari sisi ekonomi dan meningkatkan kapasitas bisnis dan mindset entreperenurship di pesantren," terang dia.

Hal yang serupa juga ditegaskan oleh Romzi Ahmad yang biasa dipanggil Gus Romzi. Sebagai Asisten Staf Khusus Presiden, dia memastikan agar terwujudnya bebas Pungli dan bebas potongan pada proses pencairan Bantuan Inkubasi kemandirian pesantren.

“Apabila ada yang menjadi oknum yang meminta presentase atas jasa pencairan bantuan Inkubasi Kemandirian Pesantren, maka laporkan kepada kami. Hal tersebut kami akan tindaklanjuti” tegas Romzi Ahmad, Kamis, 18 Mei 2023 kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Kemandirian Pesantren Kemenag Gelombang III, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x