Dr. Sulianti Saroso : Dokter Asal Indonesia yang Berjasa Bagi Kaum Perempuan

- 11 Mei 2023, 11:21 WIB
Prof. Dr. Sulianti Saroso, MPH, PhD.
Prof. Dr. Sulianti Saroso, MPH, PhD. /Google dan Dokumen Keluarga/

Literasi News – Google Doodle hari ini menunjukan sosok dokter perempuan yang tidak lain adalah Prof. Dr. Sulianti Saroso,MPH, PhD. Hal tersebut untuk mengenang dokter yang mengabdikan hidupnya untuk penelitian dan perancangan kebijakan kesehatan di Indonesia.

Dr. Sulianti Suroso merupakan tokoh penting dalam bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, serta keluarga berencana (KB). Dia adalah dokter wanita pertama yang menyadari bahwa kemiskinan, malnutrisi, serta kesehatan ibu dan anak memiliki korelasi yang tak dapat diputus.

Meski Beliau seorang dokter, ia lebih mirip aktivis dibandingkan birokrat. Dr. Sulianti Suroso kabarnya tak pernah menangani pasien secara langsung, atau menyuntikkan jarum ke tubuh seseorang. Fokusnya hanya ditaruh pada bidang riset dan perencanaan.

Baca Juga: West Ham Siap Lepas Declan Rice Dengan Banderol 100 Juta Pound, Jadi Buruan 4 Tim Besar Liga Inggris

Profil Sulianti Saroso

Sulianti Saroso lahir 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali. Ia merupakan anak kedua dari keluarga Dokter M Sulaiman. Sebagai dookter, tempat tugas Sulaiman berpindah-pindah.

Ia menempuh pendidikan dasar berbahasa Belanda ELS (Europeesche Lagere School), lalu pendidikan menengah elite di Gymnasium Bandung, dan melanjutkan pendidikan tinggi di Geneeskundige Hoge School (GHS), sebutan baru bagi sekolah Kedokteran STOVIA di Batavia.

Tahun 1942, Ia lulus dari STOVIA, karier Sulianti Saroso sebagai insan medis dimulai, Ia sempat bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Umum Pusat di Jakarta, atau yang saat ini disebut dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Baca Juga: BMKG: Prakiraan Cuaca Hari ini Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, 11 Mei 2023

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x