Mengenal Bunga Edelweis Rawa, Tanaman yang Rusak Karena Event Motor Trail di Rancaupas

- 9 Maret 2023, 14:50 WIB
Bunga Edelweis rawa yang langka.
Bunga Edelweis rawa yang langka. /Tangkapan Layar YouTube/ABAH AMBU ADVENTURE

Literasi News- Belum lama ini, ramai diperbincangkan di media sosial bunga edelweis rawa di kawasan wisata Kampung Cai Rancaupas rusak, ini membuat seorang lelaki marah besar karena rusaknya tanaman tersebut.

Diunggah oleh akun Tiktok @mang_uprit_mangprang79 pada hari Selasa, 7 Maret 2023, lelaki tersebut marah, kemarahannya diakibatkan rusaknya edelweis rawa (Syngonanthus flavidulus) yang habis tergilas sejumlah motor trail dalam di daerah Rancaupas.

Ia juga sangat menyayangkan kejadian tersebut, menurutnya tanaman edelweis rawa merupakan tanaman yang sangat langka dan hanya tumbuh di dua negara.

Baca Juga: Acara Trail Rusak Lingkungan di Rancaupas, Bupati Bandung Geram: Ku Urang Dimumule, Ku Aranjeun Dirusak!

Sambil memengan sisa tanaman yang tersisa dalam unggahan tersebut pria itu mengatakan bunga Edelweis Rawa di Indonesia hanya tumbuh di Wilayah Ranca Upas dan Ciharus Kamojang Garut.

Apa Itu tanaman Edelweis Rawa?

Tanaman edelweis rawa itu ternyata memiliki hubungan dengan Syngonanthus.

Syngonanthus sendiri merupakan genus tanaman dari keluarga Eriocaulaceae yang tersebar luas di kawasan-kawasan beriklim tropis, mulai dari Afrika dan Amerika Latin.

Eelweis rawa merupakan tanaman herba alias tidak berbatang kayu dan tumbuh di lahan yang basah seperti rawa-rawa.

Dinamakan edelweis rawa, karena sifat bunganya yang bisa bertahan lama tanpa mengalami kelayuan, sama seperti edelweis di gunung.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x