Komisi X DPR: Anggaran Perpusnas Masih Sangat Kecil, Sementara Tugasnya Besar!

- 8 Maret 2023, 07:18 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda: Anggaran Perpusnas Masih Sangat Kecil, Sementara Tugasnya Besar!.
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda: Anggaran Perpusnas Masih Sangat Kecil, Sementara Tugasnya Besar!. /Literasi News

Literasi News - Komisi X DPR RI tengah mendorong sejumlah lembaga tinggi negara yang memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk berkomitmen melakukan gerakan yang lebih masif mengenai penguatan literasi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda saat menjadi pembicara dalam acara Rakoornas Perpusnas RI di Jakarta, Selasa 7 Maret 2023.

"Kami mendorong kementerian/lembaga lain yang punya fungsi irisan yang sama dengan Perpustakaan Nasional untuk punya semangat, komitmen, dan dedikasi yang sama menyangkut soal gerakan penguatan literasi," kata Syaiful Huda kepada Literasinews.com Selasa, 7 Maret 2023.

Baca Juga: Kritik Aturan Masuk Sekolah Jam 5 Pagi di NTT, Ketua Komisi X: Merugikan Orang Tua dan Siswa

Dalam Rakoornas Perpusnas RI yang dihadiri 100 Kepala Dinas Perpusda itu, Syaiful Huda mengungkapkan bahwa anggaran untuk Perpusnas masih terlalu kecil, sementara memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar.

Sebagaimana tertuang dalam Pasal 21 UU Perpustakaan tugas Perpusnas pertama menetapkan kebijakan nasional, kebijakan umum, dan kebijakan teknis pengelolaan perpustakaan, kedua melaksanakan pembinaan, pengembangan, evaluasi, dan koordinasi terhadap pengelolaan
perpustakaan.

Ketiga, membina kerja sama dalam pengelolaan berbagai jenis perpustakaan dan, Keempat mengembangkan standar nasional perpustakaan. Belum lagi tanjung jawab yang diemban Perpusnas yang tak sedikit.

Baca Juga: Resmi! Pemerintah Umumkan Jadwal Terbaru Hasil Seleksi PPPK Guru 2022

Karena itu, dalam melaksanakan fungsi pengawasan DPR, Huda mengatakan pihaknya sudah membentuk Panja terkait ini.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib

Sumber: Komisi X DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x