9 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Salah Satunya Obat Alternatif Radang Prostat

- 5 Maret 2023, 11:23 WIB
9 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Salah Satunya Obat Alternatif Radang Prostat.
9 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Salah Satunya Obat Alternatif Radang Prostat. /Tangkapan Layar/YouTube/Dasmed Official/

Literasi News- Simak 9 manfaat daun sirih untuk kesehatan mulai dari gigi dan mulut, pencernaan, organ intim bahkan jantung.

Daun sirih telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang memiliki berbagai khasiat. Salah satu alasannya karena daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah bakteri berkembang biak.

Dilansir Literasinews dari laman resmi Siloam Hospital berikut 9 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan:

Baca Juga: Twibbon Nisfu Syaban 2023 Terbaru, Link Download Gratis Klik Disini

1. Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Manfaat daun sirih bagi wanita salah satunya adalah menjaga kesehatan organ kewanitaan. Jurnal berjudul The Effect of Using Red Betel Leaves (Piper Crocatum) for Vaginal Discharge Among Fertile Age Woman (FAW) menyebutkan bahwa manfaat air rebusan daun sirih efektif mengatasi masalah keputihan.

Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal di kemaluan yang umumnya dipicu oleh Bacterial vaginosis. Akan tetapi, penggunaannya tidak disarankan dalam jangka panjang karena berpotensi memicu perubahan pH pada area kewanitaan.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat daun sirih bagi wanita berikutnya adalah membantu mengurangi nyeri haid. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan senyawa antioksidan yang bersifat antiradang. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda dapat merebus daun sirih bersamaan dengan kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung kurkumin yang juga bersifat antiradang.

Baca Juga: 10 Reķomendasi Wisata Kuliner di Subang, Tempat Nyaman Harga Terjangkau

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Daun sirih diketahui bermanfaat mengurangi nyeri lambung dan meringankan gejala GERD. Pasalnya, tumbuhan herbal ini dapat meningkatkan produksi lendir usus dan lambung sehingga membantu mencegah luka pada dinding usus dan lambung.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x