Mengenal Istilah Literasi Pengertian Makna, Serta Jenisnya

- 1 Maret 2023, 11:47 WIB
Ilustrasi literasi menulis.
Ilustrasi literasi menulis. /Pexels/Andrea Piacquadio

Literasi News - Istilah literasi merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi banyak orang, terlebih istilah populer dalam beberapa tahun terakhir.

Secara umum literasi adalah sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, ditafsirkan dan didefinisikan dalam beragam cara dan sudut pandang.

Istilah literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca, menulis dan lain sebaginya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Majalengka, Cek Lokasi dan Harga Tiket Disini

Dahulu literasi hanya di artikan sebagai kemampuan membaca dan menulis, namun sekarang definisi dari literasi menunjukkan makna baru. Hal demikian sebagai upaya memaknai literasi dan pembelajarannya.

Makna baru daru literasi yaitu, mencakup melek visual yang artinya adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual.

Sejumlah ungkapan untuk literasi kini memiliki banyak variasi seperti, literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi Sekolah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tampilan New Honda BeAT 2023 150 CC Makin Keren, Desain Futuristik, Ini Harga Per Maret 2023

Hakikatnya ber-literasi secara kritis dan demokratis diringkas dalam lima verba: Memahami, Meliputi, Menggunakan, Menganalisis, dan Mentransformasi teks.

Semuanya merujuk pada kompetensi serta kemampuan yang lebih dari sekedar membaca dan menulis.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah