Dana Abadi Pendidikan Mencapai Rp129 Triliun, Ini Penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani

- 1 Februari 2023, 18:38 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani: dana abadi untuk pendidikan telah mencapai lebih dari Rp129 triliun hingga awal 2023.
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani: dana abadi untuk pendidikan telah mencapai lebih dari Rp129 triliun hingga awal 2023. /Dok.Foto/Kemenkeu/

Literasi News - Dana abadi untuk pendidikan yang dihimpun oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mencapai lebih dari Rp129 triliun hingga awal 2023.

 

Besaran dana abadi pendidikan itu seperti disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta, Rabu 1 Februari 2023.

"Dana abadi ini adalah uang yang dapat memberikan dukungan untuk setiap pendidikan, penelitian dan kebutuhan semua sektor untuk meningkatkan kualitas indeks manusia," tutur Menkeu, seperti dilansir Antara.

Menkeu menilai dana pendidikan merupakan salah satu alokasi yang paling penting untuk masyarakat. Mengingat kualitas pertumbuhan suatu negara salah satunya diukur dari pendidikan, sehingga belanja negara untuk pendidikan akan tetap menjadi salah satu yang terbesar.

Baca Juga: Indeks Literasi Digital Nasional Naik Jadi 3,54 Tahun 2022, Ini Artinya Menurut Kemenkominfo

Oleh karena itu untuk pertama kalinya dalam sejarah, pemerintah mengalokasikan belanja pendidikan di atas Rp600 triliun, yakni Rp612,2 triliun pada tahun 2023.

Alokasi belanja tersebut bukan hanya merupakan belanja pemerintah pusat, tetapi belanja pemerintah daerah secara langsung untuk meningkatkan kualitas manajemen sekolah hingga pengajaran dan memberikan dukungan dengan cara yang jauh lebih fleksibel dan inovatif.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x