Membangun Empati Lewat Seni, Malam Ini ISBI Bandung Arts Festival 2022 Gelar Pertunjukan 'Jabang Tutuka'

- 30 Desember 2022, 14:42 WIB
Ketua Pelaksana ISBI Art Festival 2022 Dr. Mohamad Zaini Alif, S.SN., M.Ds.: ISBI Bandung Arts Festival 2022 dilaksanakan 16, 21, dan 30 Desember 2022, malam ini kegiatan pamungkas atau puncak acara digelar Pertunjukan 'Jabang Tutuka'.
Ketua Pelaksana ISBI Art Festival 2022 Dr. Mohamad Zaini Alif, S.SN., M.Ds.: ISBI Bandung Arts Festival 2022 dilaksanakan 16, 21, dan 30 Desember 2022, malam ini kegiatan pamungkas atau puncak acara digelar Pertunjukan 'Jabang Tutuka'. /Literasi News/Yusuf Adji

Literasi News - Pertunjukan 'Jabang Tutuka' akan diselenggarakan malam ini, Jumat 30 Desember 2022. Pertunjukkan ini merupakan kegiatan pamungkas atau puncak acara dari rangkaian ISBI Bandung Arts Festival Tahun 2022.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana ISBI Art Festival 2022 Dr. Mohamad Zaini Alif, S.SN., M.Ds. Menurutnya penyelenggaraan festival tahun ini bertepatan dengan peristiwa kemanusiaan gempa bumi di Cianjur yang telah memporak-porandakan kehidupan sebagian warga Cianjur.

Oleh karena itu, lanjutnya, ISBI Bandung berinisiatif memanfaatkan momentum ISBI Arts Festival 2022 ini untuk membangun empati dan kepedulian masyarakat. Namun tetap menjalankan fungsi sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tugas konservasi, rekonstruksi dan inovasi seni budaya, khususnya di Jawa Barat.

Baca Juga: Lomba Cosplay, Live Painting, dan Pertunjukkan Wayang Orang Meriahkan Lanjutan ISBI Bandung Arts Festival 2022

Merespon situasi tersebut, dikatakan Zaini, ISBI Arts Festival 2022 dirancang menjadi “he-art festival” yaitu sebuah aktivitas dengan tujuan menyentuh hati dan naluri kemanusiaan kita, membantu sesama bagi warga yang tengah ditimpa musibah, melalui aktivitas seni budaya.

"Adapun tema ISBI Arts Festival 2022 yang diusung adalah 'Rumaksa Miara Pakaya'. Artinya menjaga, melestarikan, dan memelihara kekayaan budaya yang merupakan jati diri bangsa sebagai bagian dari implementasi UU no 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan," ujarnya.

Adapun rangkaian acara yang telah dilaksanakan diawali dengan Trauma Healing untuk korban Gempa Cianjur, pada tanggal 16 Desember 2022 di Desa Rancagoong, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: ISBI Bandung Arts Festival 2022: Diawali Trauma Healing Bagi Korban Gempa di Desa Rancagoong Cilaku Cianjur

Kemudian dilanjutkan dengan Lomba Cosplay Wayang Orang Tingkat SMA dan sederajat, sekaligus apresiasi Wayang Orang Cirebon dan Fragmen Tari Wayang 'Patrem Sang Dewi Sinta', pada tanggal 21 Desember 2022. Selain itu, Pameran dan live-painting.

Sementara kegiatan terakhir, malam ini akan disajikan Pertunjukan 'Jabang Tutuka' garapan Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum., beserta dosen-dosen muda ISBI Bandung. "Pementasan ini merupakan puncak acara, sekaligus menjadi refleksi perjalanan akhir tahun 2022 yang penuh dengan liku, khususnya peristiwa bencana gempa Cianjur bulan November yang lalu," jelasnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x