Ketua Komisi X Pertanyakan Peran Kampus di Kasus Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol untuk Biaya Kegiatan

- 15 November 2022, 11:49 WIB
Ketua Komisi X Pertanyakan Peran Kampus di Kasus Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol untuk Biaya Kegiatan.
Ketua Komisi X Pertanyakan Peran Kampus di Kasus Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol untuk Biaya Kegiatan. /Dok DPR RI

Literasi News - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda pertanyakan peran kampus dalam 126 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi korban penipuan dengan modus pencairan dana melalui aplikasi belanja dan dibayar menggunakan pinjaman online (pinjol).

Syaiful Huda menyebut kasus ini perlu perhatian bersama, bahkan ia meminta kasus yang diduga ada unsur penipuan ini segera diusut tuntas.

“Kasus terjeratnya ratusan mahasiswa IPB dalam Pinjol hingga miliaran rupiah ini layak menjadi perhatian bersama. Apalagi ada kabar jika mereka terjerat Pinjol ini karena ingin mencari sumber dana untuk membiayai kegiatan mereka,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Selasa, 15 November 2022.

Baca Juga: Forum KTT G20 Resmi Dibuka, Isu Ancaman Krisis Pangan Dunia Menjadi Sorotan

Saat ini 126 mahasisw IPB tersebut sudah melaporkan penipuan yang dilakukan oleh seorang pemilik toko online tersebut ke Polresta Bogor Kota.

Huda mengatakan jeratan Pinjol memang menyasar ke mana-mana termasuk ke kalangan mahasiswa.

Hanya saja untuk kasus mahasiswa IPB ini menarik karena berawal dari keinginan untuk mencari sponsor kegiatan mahasiswa.

“Pertanyaannya apakah tidak ada pendampingan dari pihak kampus agar mereka mencari sponsor kegiatan mahasiswa dari sumber-sumber yang aman. Kenapa ada proses pembiaran saat para mahasiswa ini mencari dana kegiatan dari proses usaha yang melibatkan pinjaman online,” ujar Huda.

Dia menilai inisiatif mahasiswa dalam mencari sumber dana alternatif untuk kegiatan mereka layak diapresiasi. Kendati demikian harusnya mereka mencarinya dari sumber-sumber yang jelas seperti badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, atau perusahaan swasta dengan rekam jejak teruji.

Baca Juga: Daftar Rekor Piala Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Kini, Akankah Ada Rekor Baru di Piala Dunia 2022 Qatar

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x