Sejarah Singkat Pertempuran 10 November 1945, Lengkap Dengan Link Twibbon Hari Pahlawan 2022

- 4 November 2022, 08:42 WIB
Sejarah Singkat Pertempuran 10 November 1945, Lengkap Dengan Link Twibbon Hari Pahlawan 2022.
Sejarah Singkat Pertempuran 10 November 1945, Lengkap Dengan Link Twibbon Hari Pahlawan 2022. /freepick - hari pahlawan/

Literasi News - Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan suatu wujud dari rasa kebangsaan para pemuda Surabaya didalam membela bangsa dan negara untuk mempertahankan kemerdekaannya.

Pengorbanan yang dilakukan arek-arek Surabaya sebagai warga bangsa ini tidak lain untuk eksistensi bangsanya agar tetap bersatu, hidup terus dibawah kehendaknya sendiri bukan oleh bangsa lain (penjajah) dalam mewujudkan cita-cita bersama.

Pemuda Surabaya dengan semangat patriotisme dan nasionalisme yang tinggi dan keberaniannya secara tegas menolak segala perintah sekutu yang diserukan dalam ultimatum tertanggal 9 November 1945, dengan segala resiko yang harus ditanggungnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces, Aries, Capricorn, Aquarius Hari ini Jumat 4 November 2022

Keberanian dan tekad pemuda Surabaya ini tidak lain merupakan perwujudan dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 serta Undang-undang Dasar 1945.

Perlawanan yang berlangsung hampir satu bulan lamanya, diakui oleh pihak Inggris sebagai pertempuran week of bitter and intence fighting (pesan-pesan pertempuran yang pahit dan getir).

Dimana rakyat Indonesia dengan persenjataan seadannya dan sangat sederhana dibandingkan dengan persenjataan pihak lawan.

Kekuatan rakyat yang sama sekali tidak berpengalaman dalam perang-perang besar melawan Sekutu yang pasukannya terlatih dan berpengalaman dalam perang dunia ke dua, namun dengan semangat nasionalismenya yang tinggi arek-arek Surabaya tetap bertekad untuk mempertahankan kota Surabaya.

Akhirnya pertempuran 10 November 1945 diakui oleh Pemerintah pusat sebagai hari pahlawan Nasional, telah memberi sumber inspirasi untuk membangkitkan semangat Nasionalisme seluruh rakyat Indonesia dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Maka dari itu sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada para pahlawan kita, mari meriahkan peringatan hari pahlawan ini, dengan menggunakan twibbon hari pahlawan 2022, kemudian anda bagikan ke media sosial.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x