Sejarah Singkat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945

- 5 Agustus 2022, 13:22 WIB
Sejarah Singkat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.Ada berbagai peristiwa penting yang terjadi sebelum Prokl
Sejarah Singkat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.Ada berbagai peristiwa penting yang terjadi sebelum Prokl /Kemdikbud

Literasi News - Tepat pada tanggal 17 Agustus 2022 adalah Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-77. Hal ini tak lepas dari Perjuangan Bangsa Indonesia untuk Memproklamirkan Kemerdekaan Bangsa.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan pada hari Jumat pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan langsung oleh Bapak Proklamator Indonesia atau Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Moh. Hatta bertempat di sebuah rumah kecil tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Tanggal tersebut merupakan titik balik dari sejarah kemerdekaan Indonesia yang cukup panjang, dimana sebelumnya penduduk tanah air sempat dijajah selama bertahun tahun. Sebelum proklamasi terjadi, terdapat banyak peristiwa penting yang melatarbelakanginya.

Baca Juga: Gali Potensi Santripreneur, HPN Garut Gandeng Gudang Garam Gelar Pelatihan Barista Santri

Latar belakang pembacaan teks proklamasi, dimulai atas penyerahan Jepang terhadap Sekutu. Dimana sebelumnya Jepang pada tahun 1944 telah mengumumkan bahwa Hindia Timur yakni Indonesia, diperbolehkan merdeka di kemudian hari.

Pengumuman tersebut dilakukan karena
tentara Jepang sudah semakin terdesak, bahkan Kepulauan Saipan juga berhasil direbut dari Jepang. Sehingga selanjutnya pada tahun 1945,
dibentuklah Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Tujuan dari pembentukan dua badan tersebut adalah untuk menarik simpati dari rakyat Indonesia, agar melawan sekutu untuk mau membantu Jepang.

Namun saat perang Pasifik terjadi, Hirosima dibom pada tanggal 6 Agustus 1945 dan disusul pengeboman Nagasaki tanggal 9 Agustus 1945. Peristiwa tersebut membuat sekitar 14.000 penduduk Jepang menjadi korban dan akhirnya mereka mengaku kalah dari sekutu.

Buntut dari peristiwa ini yaitu Jepang berjanji memberikan kemerdekaan pada tanggal 24 Agustus 1945 untuk Indonesia.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x