Tim Indonesia Torehkan Prestasi di Olimpiade Internasional Geografi

- 23 Juli 2022, 19:38 WIB
Tim Indonesia menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Internasional Geografi atau International Geography Olympiad (IGeO).
Tim Indonesia menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Internasional Geografi atau International Geography Olympiad (IGeO). /Kemendikbudristek/

Literasi News - Tim Indonesia menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Internasional Geografi atau International Geography Olympiad (IGeO) yang diselenggarakan secara daring pada 12-18 Juli 2022 di Paris, Prancis. Kompetisi ini melibatkan 209 peserta dari 54 negara di dunia.

Dalam ajang internasional tersebut, empat pelajar Indonesia berhasil meraih satu medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu, serta juara satu poster competition.

"Atas nama Kemendikbudristek, kami menyampaikan apresiasi kepada anak-anak yang telah berjuang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia," kata Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kemendikbudristek, Suharti di Jakarta, Sabtu 23 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, Suharti berpesan agar penghargaan yang telah diraih dapat memantik tumbuhnya talenta muda nasional lainnya yang menginspirasi di bidang geografi.

"Saat ini, isu lingkungan menjadi isu global yang perlu penanganan serius dan berkelanjutan. Kiranya karya yang telah dihasilkan dalam lomba dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta mendorong motivasi generasi muda lainnya untuk memiliki prestasi serupa," ujarnya.

Baca Juga: Ini Pesan Mendikbudristek Saat Menyapa Peserta Didik Baru SMK Seluruh Indonesia

Tim Olimpiade Geografi Indonesia (TOGI) terdiri dari empat pelajar Indonesia yaitu siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Jakarta, Fachri Aziz yang meraih medali emas; siswa SMAN 2 Tangerang Selatan, Banten, Nashita Shahira Feryanto; siswa SMA Kristen Petra 1 Surabaya, Fiona Zhang, keduanya meraih medali perak. Serta siswa SMA Pribadi Bandung, Fikri Ghifari Hanifah yang meraih medali perunggu.

Dalam kesempatan terpisah, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang telah diraih.

"Kami ucapkan selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh adik-adik di IGeO 2022. Generasi-generasi muda senantiasa selalu disiapkan untuk menjadi garda depan,” ucap Asep, seraya bersyukur bahwa Indonesia telah diputuskan menjadi tuan rumah pelaksanaan IGeO ke-19 tahun 2023 berdasarkan keputusan IGeO Task Force Meeting Board.***

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x