Total Dana Abadi Bidang Pendidikan Mencapai Rp99,1 Triliun, Simak Penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani

- 25 Februari 2022, 16:08 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Total dana abadi bidang pendidikan yang dikelola oleh pemerintah sejak tahun 2010 tercatat mencapai Rp99,1 triliun. Simak penjelasan Menkeu.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Total dana abadi bidang pendidikan yang dikelola oleh pemerintah sejak tahun 2010 tercatat mencapai Rp99,1 triliun. Simak penjelasan Menkeu. /Antara/Sigid Kurniawan

Literasi News - Total dana abadi bidang pendidikan yang dikelola oleh pemerintah sejak tahun 2010 tercatat mencapai Rp99,1 triliun.

Dana abadi tersebut masih akan berkembang karena pada tahun 2022 ada tambahan dari APBN.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan, saat ini total dana abadi di bidang pendidikan termasuk penelitian, perguruan tinggi dan kebudayaan Rp99,1 triliun.

"Ini masih berkembang karena tahun 2022 akan ada tambahan lagi melalui mekanisme APBN," kata Menkeu dalam Pembukaan Beasiswa LPDP 2022 di Jakarta, Jumat 25 Februari 2022, seperti dilansir Antara.

Menurut Sri Mulyani, dana abadi sebesar Rp99,1 triliun tersebut meliputi dana abadi pendidikan Rp81,1 triliun, dana abadi penelitian Rp8 triliun, dana abadi perguruan tinggi Rp7 triliun dan dana abadi kebudayaan Rp3 triliun.

Menkeu menyebutkan, berbagai macam bentuk dana abadi itu merupakan komitmen bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia ditentukan tidak hanya dari sisi pendidikan formal namun juga melalui penelitian serta interaksi sosial termasuk dari sisi kebudayaan.

Baca Juga: KPK dan Kemendikbud Ristek Hadirkan Aplikasi JAGA Kampus, Cegah Potensi Risiko Korupsi di Perguruan Tinggi

Sri Mulyani menuturkan, pemerintah setiap tahun sejak 2007 mengalokasikan 20 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) khusus untuk bidang pendidikan dan tahun ini anggarannya sebesar Rp542,8 triliun.

"Anggaran pendidikan akan sangat bergantung pada besaran pagu total APBN setiap tahunnya, sehingga jika anggaran pada suatu tahun membengkak maka anggaran untuk bidang pendidikan juga meningkat," ujar Menkeu.

Menurut Sri Mulyani, hal itu yang melatarbelakangi dirinya membentuk dana abadi bidang pendidikan pada 2010 agar anggaran pendidikan sebesar 20 persen per tahun dapat dikelola secara baik dan dirasakan manfaatnya oleh antargenerasi.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x