Penerapan Kurikulum Prototipe Harus Memperhatikan Kesiapan Guru

- 21 Januari 2022, 18:52 WIB
Ilustrasi guru mengajar. Penerapan Kurikulum Prototipe dinilai harus memperhatikan kesiapan guru. Simak penjelasan dari peneliti.
Ilustrasi guru mengajar. Penerapan Kurikulum Prototipe dinilai harus memperhatikan kesiapan guru. Simak penjelasan dari peneliti. /ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Literasi News - Penerapan Kurikulum Prototipe dinilai harus memperhatikan kesiapan guru.

Peneliti Bidang Sosial The Indonesian Institute, Nisaaul Muthiah, menjelaskan, kurikulum Prototipe merupakan pengembangan dari Kurikulum Darurat.

Survei yang dilakukan oleh Kemendikbud Risetk pada awal tahun 2021 lalu menunjukkan bahwa murid yang menggunakan Kurikulum Darurat mendapat capaian belajar yang lebih baik dibanding murid yang menggunakan Kurikulum 2013 secara penuh.

"Maka dari itu, dikembangkanlah Kurikulum Prototipe," kata Nisaaul Muthiah dalam keterangan tertulis seperti dilansir Antara, di Jakarta, Jumat 21 Januari 2022.

Meskipun demikian, menurut dia, diperlukan studi lebih lanjut dari lembaga riset independen untuk mengetahui apakah Kurikulum Prototipe ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran murid.

"Jika penerapan kurikulum tersebut benar-benar berasosiasi dengan peningkatan hasil belajar, maka implementasi kurikulum tersebut patut dilanjutkan," tutur Nisaaul Muthiah.

Baca Juga: Pemda Didorong Optimalkan Pengajuan Formasi Guru PPPK, Berikut Alasan Kemendikbud Ristek

Nisa juga menyoroti bahwa inti dari kurikulum adalah peningkatan kualitas pendidikan. Maka dari itu, jangan sampai pergantian kurikulum tidak dilandasi dengan semangat tersebut.

"Sejak merdeka, Indonesia telah menerapkan lebih dari sepuluh kurikulum. Namun, data Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan adanya stagnasi kualitas pendidikan di Indonesia. Artinya, berbagai perubahan kurikulum yang telah dilakukan selama ini belum mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada," tuturnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x