Mahasiswa Harus Kuasai Teknologi Informasi, Ini Alasannya Menurut Menko PMK Muhadjir Effendy

- 20 Desember 2021, 18:33 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy menilai mahasiswa dari berbagai jurusan harus menguasai teknologi informasi. Berikut alasannya.
Menko PMK Muhadjir Effendy menilai mahasiswa dari berbagai jurusan harus menguasai teknologi informasi. Berikut alasannya. //Instagram @muhadjir_effendy//

Literasi News - Mahasiswa dari berbagai jurusan harus menguasai teknologi informasi, jika ingin bertahan dan bersaing saat memasuki dunia kerja di era revolusi industri 4.0.

Demikian disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat menyampaikan pidato kunci dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan agenda Upacara Milad ke-61 di Kampus UAD Yogyakarta, Senin 20 Desember 2021.

"Apapun jurusannya, jadi ini sudah bukan lagi fakultas tertentu atau jurusan tertentu yang harus menguasainya," ujar Muhadjir Effendy, seperti dilansir Antara.

Menko PMK menjelaskan, penguasaan teknologi informasi semestinya menjadi ilmu generik yang harus dikuasai oleh siapapun untuk bertahan. "Kalau ingin survive dia harus menguasai paling tidak secara elementer tentang teknologi digital ini," tuturnya.

Jika generasi muda khususnya para mahasiswa di Indonesia tidak menguasai teknologi informasi, Muhadjir Effendy menilai Indonesia akan semakin tertinggal dengan negara atau bangsa lain di dunia.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Bentuk Pokja Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Bidang Pendidikan

"Risikonya kita akan semakin tertinggal dan kita akan menjadi bangsa pecundang, bukan lagi menjadi bangsa pemenang," ujarnya.

Oleh karena itu, Muhadjir Effendy meminta seluruh perguruan tinggi mampu menyiapkan SDM yang memiliki penguasaan di bidang teknologi informasi.

Menko PMK mengakui, pemerintah tidak mungkin dapat menyiapkan SDM yang kompeten dan mampu bersaing ke depan tanpa didukung oleh perguruan tinggi.

"Untuk bisa bertahan, lulusan perguruan tinggi harus mampu menyesuaikan kebutuhan industri atau jika tidak harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," ucapnya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x