Literasi Makin Dekat Dengan Kaum Muda, Ini Kata Nadhifa Allya Tsana alias Rintik Sedu

- 8 Desember 2021, 20:31 WIB
Literasi saat ini dinilai semakin dekat dengan masyarakat khususnya kaum muda. Ini kata Penulis Nadhifa Allya Tsana atau Rintik Sedu.
Literasi saat ini dinilai semakin dekat dengan masyarakat khususnya kaum muda. Ini kata Penulis Nadhifa Allya Tsana atau Rintik Sedu. /Instagram.com/ntsana.

Literasi News - Literasi saat ini dinilai semakin dekat dengan masyarakat khususnya kaum muda.

Demikian diungkapkan Penulis Nadhifa Allya Tsana atau lebih dikenal dengan nama pena Rintik Sedu, saat menjadi pembicara di Sarinah Jakarta Content Week, Rabu 8 Desember 2021.

Dalam kesempatan itu, Nadhifa Allya Tsana menilai literasi menjadi semakin dekat dengan kaum muda terutama berkat kehadiran teknologi.

"Semua tentang literasi (sekarang) lebih dekat dengan kita. Literasi yang sekarang lebih banyak warnanya, banyak bentuk adaptasinya, banyak formatnya. Sekarang, baca buku enggak selalu harus ke toko buku atau perpustakaan dulu," kata Nadhifa Allya Tsana, seperti dilansir Antara.

Tsana mengakui, saat ini dunia anak muda lebih banyak di handphone. "Jadi sebetulnya literasi enggak hilang, bahkan menurut saya berkembang karena mereka bisa baca kapanpun dan di manapun," tuturnya.

Baca Juga: Sebanyak 289 Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 Ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek

Tsana juga menceritakan bahwa lima belas tahun lalu, dia masih membaca buku yang warna kertasnya masih abu-abu serta kesulitan mencari teman untuk berdiskusi tentang buku.

Namun berbeda kondisinya dibandingkan dengan saat ini, tambah Tsana, dirinya bisa sangat mudah menemukan teman untuk berdiskusi tentang buku.

"Jadi (dulu) kalau mau ngerumpiin buku kesulitan. Sekarang ngomongin buku lewat direct message (DM) juga bisa, kita punya forum di internet," ucapnya.

Dengan perkembangan teknologi iru, Tsana merasa bahwa anak muda mempunyai tugas penting untuk mempromosikan buku kepada orang lain. Menurutnya, banyak buku-buku bagus di Indonesia namun kurang dikenal oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah