Jakarta Masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO, Dinobatkan Menjadi Kota Sastra

- 12 November 2021, 14:23 WIB
Ilustrasi Kota Jakarta.* Kota Jakarta menjadi salah satu dari 49 kota di dunia yang masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network, UCC).
Ilustrasi Kota Jakarta.* Kota Jakarta menjadi salah satu dari 49 kota di dunia yang masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network, UCC). /PIXABAY/panjiarista/

Literasi News - Kota Jakarta menjadi salah satu dari 49 kota di dunia yang masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network atau UCCN) baru-baru ini.

UNESCO adalah organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada 8 November 2021 lalu, Kota Jakarta dinobatkan menjadi Kota Sastra.

Dengan masuknya 49 anggota baru, maka jumlah kota yang masuk dalam UCCN adalah 295 kota yang berada di 90 negara.

Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Ismunandar, mengungkapkan, dengan masuknya Jakarta sebagai Kota Sastra dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO, maka saat ini sudah ada empat kota di Indonesia yang masuk dalam jejaring UCCN.

Baca Juga: Jumlah 'Dislike' di YouTube Akan Dihapus, Ternyata Ini Tujuannya

Empat kota itu antara lain Pekalongan sebagai Kota Kriya dan Seni Rakyat, yang dinobatkan pada tahun 2014. Kemudian, Bandung sebagai Kota Desain, yang dinobatkan pada tahun 2015.

Selanjutnya, Ambon yang dinobatkan sebagai Kota Musik tahun 2019. Serta Jakarta sebagai Kota Sastra yang dinobatkan pada tahun 2021.

"Harapannya, Jakarta seperti halnya tiga kota lain yang telah tergabung dalam UCCN, dapat menjalin kerja sama dengan dan antarkota untuk pembangunan kota yang berkelanjutan," kata Ismunandar, seperti dilansir laman resmi Kemendikbud Ristek.

Tolok Ukur

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah