Kemendikbudristek Gelar Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2021

- 17 Oktober 2021, 18:45 WIB
Ilustrasi robot. Kemendikbudristek Gelar Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2021.
Ilustrasi robot. Kemendikbudristek Gelar Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2021. /Pexel/Pavel Danilyuk/

Literasi News - Dalam rangka meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah bangsa dengan menggunakan teknologi robotika, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bersama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) menggelar Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional ke-18, secara daring.

Ajang ini merupakan wujud nyata dalam menyiapkan talenta unggul yang cerdas, berkarakter, dan mampu berkontribusi dalam membantu urusan manusia di dunia agar lebih efektif dan efisien.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti memberikan apresiasi kepada para peserta yang berhasil lolos hingga tahap nasional. Sebanyak 136 tim dari 59 perguruan tinggi berhasil maju ke tahap nasional.

Baca Juga: Buat WNA/WNI yang Sudah Vaksin Diluar Negeri Bisa Gunakan Aplikasi PeduliLindungi, Begini Caranya

“Jadi untuk kami semuanya para juara,” tutur Sesjen Suharti, dalam pembukaan yang dilakukan secara daring, Kamis, 14 Oktober 2021.

Selain itu, Suharti berpesan bahwa kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan mendorong mahasiswa tidak hanya unggul di bidang akademik saja.

“Tetapi juga menjadi individu-individu kreatif, inovatif, berdaya saing, mampu bekerja sama dan memiliki karakter yang kuat,” pesannya.

Senada dengan itu, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, menyampaikan apresiasi juga kepada para peserta. “Walaupun kita masih berada di tengah pandemi, namun saya begitu senang melihat peserta KRI yang tetap bersemangat dalam berkreasi dan berkarya. Ini adalah bukti bahwa generasi muda kita adalah generasi yang tangguh dan pantang menyerah,” katanya.

Sebelumnya, KRI tingkat wilayah I dan II telah sukses dilaksanakan pada akhir September 2021 dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah evaluasi administratif, dilanjutkan dengan evaluasi kesiapan tim mencakup kesiapan robot, lapangan dan infrastruktur konferensi video, tahap selanjutnya dilakukan melalui kontes KRI tingkat wilayah dan terakhir yaitu tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x