Pentingnya Pendidikan Basis Kebudayaan untuk menguatkan Identitas Bangsa

- 9 Mei 2021, 13:55 WIB
Ilustrasi. Pentingnya Pendidikan Basis Kebudayaan untuk menguatkan Identitas Bangsa
Ilustrasi. Pentingnya Pendidikan Basis Kebudayaan untuk menguatkan Identitas Bangsa /Humas Kemendikbud/

Literasi News - Pendidikan berbasis kebudayaan sangat penting untuk memperkuat identitas bangsa. Hal itu dikatakan Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Arief Rachman.

Ia juga menjelaskan terdapat beberapa unsur untuk mengembangkan pendidikan berbasis kebudayaan. “Takwa, fleksibel, keterbukaan, ketegasan, berencana, mandiri, toleransi, disiplin, berani ambil resiko, sportif, setia kawan, integritas, orientasi masa depan,” ungkapnya.

Arief menuturkan terdapat lima hal yang membuat pendidikan menjadi sukses di antaranya ketakwaan, kepribadian matang, ilmu mutakhir yang menghasilkan berprestasi, rasa kebangsaan, dan berwawasan global.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI, Minggu 9 Mei 2021, Nanti Malam Lanjutan Ikatan Cinta, dan Putri Untuk Pangeran

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbudristek, E. Aminduin Aziz menjelaskan perbedaan pendidikan bahasa di setiap daerah yakni taksonomi yang timbul dari keragaman budaya.

Aminduin Aziz menerangkan terdapat Laboratorum Kebinekaan dikembangkan Badan Bahasa untuk merumuskan berbagai materi bahan ajar. Aziz menyinggung kompetensi yang harus dimiliki seorang tenaga pendidik.

Kompetensi itu lanjutnya, pemahaman monocultural dan multicultural agar ketika para pendidik menjalankan proses pembelajaran, siswa dengan mudah memahami konteks pembelajaran.

Baca Juga: Jadwal Acara TransTV, Minggu 9 Mei 2021, Saksikan Film Bioskop: The Foreigner, dan El Gringo

“Apakah siswa-siswa kita itu berasal dari budaya yang sama atau mereka berasal dari budaya yang berbeda, apakah monokultural atau multikultural, nah ini sangat penting,” jelasnya dikutip Literasinews dari laman resmi kemendikbud.

Pembicara lain yaitu Abdullah Alhadza, seorang pengamat pendidikan menjelaskan pentingnya pendidikan berangkat dari filosofi budaya. Sebab, pendidikan yang tidak didasarkan oleh kebudayaan, dapat menggradasi sebuah bangsa dan menjadikan bangsa itu dalam bayang-bayang bangsa lain.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x