BMKG : Intensitas Siklon Tropis Meningkat 7-8 April 2021. BPBD 6 Provinsi Diminta Siapkan Langkah Pencegahan

- 7 April 2021, 20:36 WIB
BMKG : Intensitas Siklon Tropis Meningkat 7-8 April 2021. BPBD 6 Provinsi Diminta Siapkan Langkah Langkah Pencegahan
BMKG : Intensitas Siklon Tropis Meningkat 7-8 April 2021. BPBD 6 Provinsi Diminta Siapkan Langkah Langkah Pencegahan /BNPB/BMKG

Literasi News - BMKG memperkirakan peningkatan intensitas siklon tropis seroja pada 7 - 8 April 2021 dan bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia. Oleh karena itu, BNPB mengharapkan BPBD di enam provinsi menyiapkan langkah kesiapsiagaan untuk mencegah dampak siklon tropis terhadap masyakarat maupun kerusakan infrastruktur.

Berdasarkan analisis BMKG, siklon tropis Seroja diperkirakan intensitasnya akan meningkat dalam 24 jam. Menyikapi kondisi tersebut, BNPB telah berkoordinasi dengan enam provinsi, yaitu BPBD Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan D.I. Yogyakarta. 

BNPB mengingatkan bahwa siklon tropis Seroja akan berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Baca Juga: Kluster Baru Perumahan di Cianjur, Dalam Satu Blok ada 14 Warganya Positif Covid-19

Selain itu dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatkan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia. BNPB merekomendasikan enam BPBD tersebut untuk melakukan langkah-langkah berikut ini :

- pertama, melakukan koordinasi secara berkala dengan dinas terkait dan aparatur wilayah administrasi kabupaten dan kota di daerah setempat di bawah enam provinsi tersebut.

- Kedua, melakukan monitoring untuk mendapatkan perkembangan informasi peringatan dini cuaca dan potensi ancaman bencana melalui beberapa situs yang dikelola BNPB, BMKG dan Lapan.

Baca Juga: Siaran Langsung Liga Champion Nanti Malam, Leg Pertama Perempat Final. Bayern vs PSG Live SCTV

- Ketiga, meningkatkan kegiatan sosialisasi, edukasi dan mitigasi terkait upaya pencegahan banjir dan banjir bandang dengan menggunakan media elektronik atau media sosial mengingat wilayah Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19.

- Keempat, melakukan koordinasi dengan dinas dan lembaga/organisasi terkait (Dinas Kominfo, RAPI, Orari, Senkom, Forum PRB daerah, dan pihak terkait lain) dalam penyebarluasan informasi peringatan dini banjir, banjir bandang, dan tanah longsor secara berkala sampai kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah yang risiko tinggi.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x