Dukungan UNICEF, Pastikan Sekolah Siap Dibuka Kembali

- 7 April 2021, 14:10 WIB
Ilustrasi salah satu bentuk Dukungan UNICEF, memastikan Sekolah Siap Dibuka Kembali /Unicef /

Literasi News - Wacana dibukanya kembali kegiatan sekolah secara tatap muka memang masih menuai pro dan kontra. Akan tetapi, wacana tersebut mendapat dukungan dari UNICEF agar pembelajaran anak tidak terputus di masa pandemi.

Oleh karena itu, UNICEF pun aktif menyediakan modul dan materi belajar serta pelatihan bagi orang tua dan guru tentang pembelajaran jarak jauh.

Ditambah lagi dengan dukungan psikososial untuk anak. Diketahui, kini UNICEF bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memastikan sekolah-sekolah siap dibuka kembali saat tiba waktunya nanti.

Baca Juga: Jelang Sekolah Tatap Muka, Pastikan Dulu Anak Dapat Pemahaman Tepat Terkait Protokol Kesehatan

UNICEF Education Specialist, Nugroho Warman mengatakan, pihaknya menggunakan perangkat seluler RapidPro dari UNICEF yang bisa mengumpulkan data langsung dari lapangan melalui saluran komunikasi daring.

“Dengan begitu, kami bisa menerima informasi terkini dari sekolah-sekolah, berikut dengan status pemenuhan persyaratan kesehatan mereka sebelum diperbolehkan beroperasi kembali. Fokus kami saat ini adalah sekolah di wilayah terpencil dan perdesaan,” ucapnya seperti dilansir dari laman UNICEF.

Menurut dia, sejauh ini rumah tangga dari status ekonomi yang lebih rendah dan anak dengan disabilitas adalah kelompok yang mengalami dampak terberat pandemi.

Baca Juga: Siap-siap, Mulai 9 April 2021 Pendaftaran Sekolah Kedinasan. Berikut Ini Penjelasannya

Data menunjukkan bahwa 47 persen anak melakukan pembelajaran hanya 1-2 jam di rumah dan 35 persen menyatakan sambungan internet mereka tidak memadai atau tidak ada.

“Kami paham, sekolah-sekolah di zona berisiko tinggi tidak dapat dibuka. Namun, pembelajaran jarak jauh juga punya dampak langsung terhadap anak, yaitu terhadap pendidikan dan kesehatan mental dan sosialnya,” kata dia.***
(Shofira Hanan)

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X