Keinginan Kemenag Tambah Kuota Formasi Guru dan Dosen pada Rekrutmen PPPK 2021 Belum Terealisasi

- 26 Februari 2021, 13:46 WIB
Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan kuota rekrutmen 1 juta PPPK belum termasuk formasi guru dan dosen Kemenag
Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan kuota rekrutmen 1 juta PPPK belum termasuk formasi guru dan dosen Kemenag /Dok. BKN

Literasi News - Keinginan Kemenag menambah kuota formasi Guru dan Dosen pada rekrutmen PPPK 2021 belum terealisasi. Pasalnya Guru honorer Kementerian Agama belum masuk dalam kuota rekrutmen 1 juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. Kuota 1 Juta PPPK 2021 baru diperuntukkan untuk pendaftar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana dalam diskusi daring yang ditayangkan di kalan Youtube belum lama ini. Hal itu disampaikan Bima menjawab adanya keinginan agar guru honorer dilingkungan kemenag bisa masuk dalam kuota rekrutmen 1 juta PPPK 2021.

"Sampai saat ini kuota 1 juta PPPK hanya untuk Kemendikbud, guru honor kemenag belum masuk. Memang mau ada diskusi antara pihak terkait, tapi kami belum menerima hasilnya," katanya.

Baca Juga: Tiga Super Aplikasi Layanan Publik Berbasis Digital Diluncurkan Pemkab Sumedang. Simak Penjelasannya

Sebelumnya Bima juga mengatakan pihaknya telah meminta data base guru honorer kemenag. Namun data base kemenag tidak sebaik dapodik milik kemendikbud. "Dapodik kemendikbud itu detail by name by scholl addres lengkap. Kalau data kemenag itu campur, bukan hanya guru honorer negeri," katanya.

Pihaknya, lanjut Bima, sudah pernah meminta data guru honorer yang mengajar di sekolah negeri lingkungan kemenag. Namun hingga saat ini tidak ada data base khusus karena data di kemenag bercampur.

"Kita coba selesaikan satu satu. Kami BKN ini cuma managemen, sedangkan guru-guru itu ada di Kemendikbud dan Kemenag," katanya.

Baca Juga: Forkoda PP DOB Jawa Barat Harapkan Kepala Daerah yang Dilantik Dapat Realisasikan Pemekaran Daerah

Sebelumnya, Kemenag menyampaikan akan meminta tambahan kuota formasi guru dan dosen untuk seleksi PPPK 2021. Sebab saat ini Kemenag masih kekurangan guru dan dosen sebanyak 68.064 orang.

Permintaan tambahan kuota tersebut dikarenakan Kemenag hanya mendapat kuota 9.464 orang untuk PPPK 2021. Jumlah tersebut baru memenuhi sekitar 14 persen dari kebutuhan keseluruhannya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x