Daftar KIP Kuliah dengan 2 Cara Ini, Dapatkan Gratis Uang Kuliah dan Dapat Uang Bulanan

- 22 Februari 2021, 13:38 WIB
Wisudawan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti wisuda tatap muka di kampus Unismuh Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/2/2021). Bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah, segera daftar KIP Kuliah untuk mendapatkan banyak manfaat seperti gratis uang kuliah dan mendapat uang bulanan. *
Wisudawan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti wisuda tatap muka di kampus Unismuh Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/2/2021). Bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah, segera daftar KIP Kuliah untuk mendapatkan banyak manfaat seperti gratis uang kuliah dan mendapat uang bulanan. * /ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/


Literasi News -Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengelola anggaran pendidikan Rp81,5 triliun dari total Rp550 triliun pagu sektor dana pendidikan di APBN 2021.

Dari jumlah itu, dialokasikan pendanaan wajib Rp31,13 triliun. Pendanaan wajib tersebut salah satunya untuk penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, termasuk beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) yang menyasar 1.102 juta mahasiswa.

Kartu Indonesia Pintar adalah jaminan negara kepada para siswa/mahasiswa yang memenuhi syarat ekonomi dan akademik untuk melangsungkan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup bulanan.

Baca Juga: Cukup DP Rp8 juta, Guru dan Penyelenggara Pendidikan Bisa Punya Rumah Baru dari Bataru

Apa untungnya memilki KIP? Berdasarkan Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2021, ada tiga manfaat pemegang KIP yaitu 

- Gratis biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi

- Gratis biaya kuliah/pendidikan

- Bantuan biaya hidup bulanan

Lalu, bagi yang belum punya KIP, bagaimana cara mendapatkannya? Anda bisa melakukan pendaftaran KIP Kuliah mulai tanggal 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021. Meski demikian, jadwal pendaftaran bisa berubah sewaktu-waktu.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui publik tentang KIP Kuliah 2021 Kemendikbud mulai dari jadwal, syarat, hingga alur pendaftarannya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemdikbud indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x