Tahun 2021, Besaran Dana BOS Reguler Tiap Daerah Tidak akan Sama. Berikut Ini Penjelasan Mendikbud

- 12 Februari 2021, 15:59 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan 2021 besaran dana BOS regular tiap daerah tidak akan sama
Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan 2021 besaran dana BOS regular tiap daerah tidak akan sama /Kemendikbud

Literasi News - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan, mulai tahun 2021 besaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler antar daerah tidak akan sama lagi.

Besaran Dana BOS setiap daerah nantinya akan menyesuaikan dengan sejumlah faktor penentu, sesuai dengan kondisi masing-masing daerah. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi Kemendikbud.

“Penyesuaian besaran Dana BOS Reguler dilakukan demi mendukung percepatan pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T),” jelas Mendikbud.

Baca Juga: Kepala Daerah Diminta Lakukan Pemetaan Zonasi Penyebaran Covid-19, Berlakukan PPKM atau AKB Skala Mikro

Lebih lanjut, Mendikbud mengungkapkan bahwa Dana BOS dihitung berdasarkan jumlah siswa dikalikan satuan biaya yang ditetapkan Kemendikbud. Namun ada pengecualian bagi sekolah di daerah 3T.

“Bagi sekolah di daerah 3T, meskipun siswanya kurang dari 60 orang, jumlah siswa tetap dihitung 60 orang,” kata Mendikbud.

Dengan menggunakan regulasi baru tersebut, lanjut Mendikbud, Kabupaten Sorong dipastikan bakal mendapatkan kenaikan Dana BOS Reguler lebih dari 30 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sampaikan Perayaan Imlek Dalam Pandemi Tak Kurangi Rasa Syukur

"Dana BOS Reguler di daerah 3T akan lebih besar dari daerah lain. Paling tinggi, ada yang mendapat tiga kali dari yang didapatkan pada tahun 2020. Kebijakan ini diambil sebagai salah satu upaya pemerataan pendidikan," ujar Mendikbud.

Mendikbud mencontohkan, dengan kebijakan baru tersebut Kabupaten Intan Jaya di Provinsi Papua misalnya, akan menerima kenaikan tiga kali dari yang didapatkan pada tahun lalu.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x