Inilah 10 Rekomendasi untuk Sekolah, Menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 2021

- 30 November 2020, 16:34 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda /Instagram Syaiful Huda/Literasi News


Literasi News - Menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah, yang dimulai pada Januari 2021 mendatang, pemerintah melalui rapat koordinasi secara nasional telah merekomendasikan 10 poin untuk kesiapan PTM tersebut.

Pemerintah pusat dan daerah mulai berfokus pada persiapan infrastruktur, protokol kesehatan (Prokes), sosialisasi prokes, dan sinergi antara dinas pendidikan dengan dinas kesehatan serta gugus tugas covid 19 di daerah untuk penyiapan PTM.

"Itu rekomendasi pertama," ujar Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, Senin 30 November 2020.

Baca Juga: Jujur Dengan Kondisinya terkait Corona, Dua Ketua Ormas Islam Ini Menuai Pujian

Namun tegas Huda, jika sekolah belum mampu memenuhi infrastruktur dan protokol kesehatan yang sesuai standard operational procedure (SOP), jangan dipaksakan, sekolah harus menunda PTM dengan tetap menjalankan pembelajaran secara daring.

"Kedua, pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah didukung DPRD dan DPR RI harus mulai mengarahkan politik anggaran ke pendidikan, terutama persiapan infrastruktur buka sekolah demi mencegah sekolah menjadi kluster baru," katanya.

Huda mengatakan, menyiapkan infrastruktur Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sekolah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu butuh dukungan dana dari pemerintah.

Baca Juga: Baru Ketemu Said Aqil, Mahfud MD akan lakukan tes usap

"Kalau daerah belum siap, maka tunda dulu buka sekolah, meskipun di daerah itu zonanya hijau," katanya.

Ketiga, lanjut Huda, APBN dan APBD dapat dianggarkan untuk Tes Swab bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan sebelum memulai pembelajaran tatap muka di sekolah.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x