Status Penyerbaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur Naik, Kini Jadi Zona Orange

- 28 Oktober 2020, 03:50 WIB
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur dr Yusman Faisal
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur dr Yusman Faisal /Literasi News/Angga

Literasi News - Status penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kini berubah menjadi zona orange dari asalnya Zona kuning. Hal itu terjadi seiring dengan meningkatnya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ditambah dengan rendahnya swab test yang dilakukan.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur dr Yusman Faisal, membenarkan dengan adanya peningkatan status Kabupaten Cianjur dari zona kuning menjadi zona orange penyebaran Covid-19.

"Status zona penyebaran Covid-19 di Cianjur meningkat dari sebelumnya zona kuning menjadi zona orange. Kondisi serupa juga memang terjadi di kabupaten/kota lain di Jawa Barat," jelas Yusman, kepada wartawan, Selasa 27 Oktober 2020.

Baca Juga: 23 Kali Banjir Bandang Landa Cianjur, Renggut Enam Korban Jiwa

Yusman menyebutkan, terdapat dua faktor utama yang menjadi pemicu meningkatnya status dari zona kuning menjadi zona orange.

"Dalam beberapa pekan terakhir, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur terus meningkat. Selain itu, minimnya swab test juga menjadi salah satu pemicunya," jelasnya.

Yusman mencatat, terdapat 239 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur. Dari jumlah itu, sebanyak 135 pasien dinyatakan sembuh dan 104 lainnya masih menjalani perawatan medis.

Baca Juga: Kuota Internet untuk Pendidikan Sedot Rp7,2 triliun, Pakai Satelit Pendidikan Hanya Rp3 Triliun

"Pasien yang kini masih menjalani perawatan medis, sebagian besar merupakan orang tanpa gejala (OTG). Mereka, di rawat di rumah sakit dan tempat isolasi khusus Covid-19 di kawasan Ciherang, Pacet," jelasnya.

Yusman menambahkan, idealnya untuk tes usap seharusnya dilakukan dengan rasio 517 test per 1 juta penduduk per minggu. Namun Cianjur saat ini baru mampu melaksanakan test dengan rasio 250 test per 1 juta penduduk per minggu.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x