Antisipasi Libur Panjang, Pengamanan Destinasi Wisata akan Ditingkatkan

- 27 Oktober 2020, 11:15 WIB
Antisipasi libur panjang
Antisipasi libur panjang /Dok.Humas Pemprov Jabar/

Literasi News - Antisipasi libur panjang dan cuti bersama pekan ini agar tidak menjadi medium penularan COVID-19, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan mitigasi dan persiapan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar mengatakan, pengamanan di lokasi destinasi wisata akan ditingkatkan.

"Kita sudah siaga mulai Selasa. Jumlah personel kepolisian akan ditambah di destinasi wisata, khususnya Lembang, Kawasan Puncak, Pantai Pangandaran, dan Cirebon," ucap Kang Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, melalui laman jabarprov.go.id, Senin 26 Oktober 2020.

Baca Juga: Libur Panjang, KAI Tambah Frekuensi Perjalanan KA Jarak Jauh, Jumlah Penumpang Naik 10 persen

Kang Emil menyatakan, pihaknya akan meminta komitmen pengelola destinasi wisata untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, khususnya soal pembatasan jumlah pengunjung. "Kalau janjinya 50 persen (pengunjung dari total kapasitas), tolong dijaga komitmen itu," katanya. 

Selain destinasi wisata, kata Kang Emil, pihaknya akan meningkatan pengamanan di pintu keluar-masuk Jabar, seperti jalan tol. Pengetesan COVID-19 dengan rapid test akan digelar secara acak.

Mereka yang reaktif, lanjutnya, akan menjalani swab test. "Jadi jangan kaget nanti akan diberhentikan secara baik-baik dan sopan oleh kami dan kepolisian untuk dites," ucapnya. 

Baca Juga: Hadapi Hari Libur Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW, SAR Bandung Gelar Apel Kesiap Siagaan

Kang Emil berharap dengan metode tersebut tidak ada pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif. Jika ditemukan, maka pola pengetesan di ruas jalan dan area wisata akan disempurnakan.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x