Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Panjang, Disiapkan Check Point di Akses masuk Cianjur

- 26 Oktober 2020, 11:13 WIB
Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat Abdurrachim
Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat Abdurrachim /Literasi News/Angga

Literasi News - Antipasi sekaligus upaya menekan terjadinya lonjakan kasus penyebaran dan penularan Covid-19 pada Libur panjang akhir Oktober 2020, Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memaksimalkan check point di sejumlah titik akses masuk ke Cianjur.

Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat Abdurrachim, mengatakan potensi penyebaran dan penularan Covid-19 pada libur panjang akhir pekan nanti cukup tinggi.

"Banyaknya masyarakat atau wisatawan yang memilih berlibur ke sejumlah destinasi wisata di wilayah Cianjur. Kami maksimalkan check point dari arah Barat dan Timur oleh petugas gabungan TNI/Polri dan Satpol PP," ujar Dudi, kepada wartawan, Senin 26 Oktober 2020.

Baca Juga: Semua Tim Liga Inggris Akhirnya Tumbang, Dua Tim Terakhir Everton dan Aston Villa Takluk Juga

Terkait dengan imbauan protokol kesehatan kepada wisatawan, Dudi mengatakan segera dibuat oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Diharapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata dibatasi, maksimal 50 persen dari kapasitas normal.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal menjelaskan, langkah antisipasi tidak hanya dilakukan di Cianjur saja. Namun seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat harus mewaspadai titik-titik masuk wisatawan lokal maupun luar daerah dengan melakukan screening di setiap perbatasan.

Khusus di Cianjur, ada tiga titik rawan yang menjadi pintu masuk utama wisatawan dari luar daerah. Di antaranya, Gekbrong, Puncak, dan Haurwangi. "Jadi nanti kemungkinan besar ada kegiatan pengecekan di sana termasuk screening rapid test atau swab test," kata Yusman.

Baca Juga: Perebutan Juara MotoGP 2020 Kian Sengit, Balapan Tinggal Menyisakan Tiga Seri Lagi

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, jelas Yusman, tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

"Itu (3M) yang utama. Karena selama libur tidak bisa lagi membatasi pergerakan orang, karena bukan PSBB tapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Tidak bisa melarang orang tetap tinggal di rumah selama liburan. Namun Satgas hadir di tengah masyarakat dengan melakukan screening," pungkasnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x