Temuan Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Garut Melonjak, Bupati Umumkan Terjadi Outbreak

- 24 Oktober 2020, 10:37 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan
Bupati Garut Rudy Gunawan /Dok. Humas Pemkab Garut/

Literasi News - Jumlah warga yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Garut mengalami lonjakan, menyusul keluarnya hasil pemeriksaan sebanyak 110 orang terkonfirmasi positif. Mereka berasal dari klaster pesantren.

Terkait hal tersebut, Bupati Garut selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, Rudy Gunawan, Jumat 23 Oktober 2020 malam, tepatnya sekitar pukul 21.00  WIB mengumumkan telah terjadi outbreak (peringkatan luar biasa) warga yang terkonfirmasi positif covid-19.

Kepastian itu diperoleh berdasarkan hasil pemeriksaan, dari 721 sample yang diperiksa, sebanyak 110 di antaranya terkonfirmasi positif yang berasal dari klaster pesantren.

Baca Juga: Warga Diimbau Menahan Diri di Momen Libur Panjang, Objek Wisata dan Jalur Puncak Jadi Perhatian

Bupati Garut menginstruksikan seluruh anggota gugus tugas mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat desa/kelurahan serta gugus tugas RW (Rukun Warga), untuk melakukan langkah-langkah konkret.

Menurut bupati, langkah yang dilakukan di antaranya melakukan pemantauan sangat serius terhadap pondok-pondok pesantren. Kemudian melakukan upaya-upaya preventif serta melaporkan segera bilamana ada warganya yang mempunyai gejala-gejala klinis misalnya hilangnya penciuman, sesak nafas, dan susah makan.

"Segera laporkan untuk ditangani lebih cepat, sehingga penyebaran virus corona bisa diantisipasi dengan cepat," tegas Bupati melalui humas Pemkab Garut di laman jabarprov.go.id.

Baca Juga: Pebalap Honda Kuasai Dua Sesi Latihan Bebas, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami Jadi Tercepat

Bupati juga menjamin RSUD dr. Slamet Garut, RS khusus covid-19 Medina, puskesmas di seluruh Kabupaten Garut, dibantu TNI/Polri siap siaga 24 jam untuk melakukan langkah-langkah dalam mengisolasi dan memberikan pengobatan.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x