Oktober Mendatang 30 juta Vaksin Covid-19 Mulai Diterima Indonesia

- 15 September 2020, 16:39 WIB
Ilustrasi uji klinis vaksin Covid-19. (Sok pikiran-rakyat.com
Ilustrasi uji klinis vaksin Covid-19. (Sok pikiran-rakyat.com /PIXABAY/TheDigitalArtist

LiterasiNews - Sekitar bulan Oktober - Desember 2020 ini, Indonesia siap menerima 30 juta dosis vaksin Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pada kuartal I 2021 (Januari - Maret), vaksinasi sudah bisa mulai dilakukan.

“30 juta sudah komitmen untuk bisa diberikan di kuartal IV (2020) sehingga di kuartal I (2021) kita bisa melakukan vaksinasi subjek kepada keberhasilan dalam pengetesan clinical trial,” kata Airlangga dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa, 15 September 2020, mengutip dari laman kantor berita ANTARA.

Baca Juga: Masuk Zona Merah Covid-19, PSBM Cimahi Hari Ini di Perketat

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini menyatakan, pemerintah telah menargetkan penerimaan vaksin itu antara 250 hingga 300 juta dosis hingga tahun 2021 mendatang.

Bahkan Pemerintah RI sudah melakukan uji klinis vaksin, yang bukan hanya di Indonesia tetapi juga di China, Brazil, Bangladesh, dan Turki.

"Diharapkan selesai pada Desember (2020),” kata Airlangga.

Baca Juga: Kepada Mahfud MD, Syekh Ali Jaber Titip Pesan untuk Presiden Jokowi

Menurutnya, target itu akan dicapai melalui 10 sumber industri obat, yakni Sinovac, G-42/Wuhan Institute Biological Products/Sinopharm, Astra Zaneca, GAVI/CEPI, CanSino Biological Inc/Beijing Institute Technology, BioNTech /Fosun Pharma/Pfizer, Modena/NIAID (National Institute of Allergy and Infrctious Diseases, Acturus Therapeutics/Duke-NUS, Genexine Korea, dan Vaksin Merah Putih.

Baca Juga: Ade Firman Hakim Aktor Pemeran Tokoh Musso, Wafat Karena Covid-19

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x