Peluang Indonesia Tingkatkan Ekspor Ikan Hias Ke Arab Saudi, Semakin Terbuka Lebar

- 12 Mei 2023, 15:06 WIB
Peluang Indonesia Tingkatkan Ekspor Ikan Hias Ke Arab Saudi, Semakin Terbuka Lebar.
Peluang Indonesia Tingkatkan Ekspor Ikan Hias Ke Arab Saudi, Semakin Terbuka Lebar. /Pixabay/nonnatthapat/

Literasi News- Atase Perdagangan KBRI Riyadh Gunawan mengatakan, peluang Indonesia untuk ekspor ikan hias ke Arab Saudi semakin terbuka lebar setelah pelaku usaha negara itu berkomitmen meningkatkan impornya.

"Pelaku usaha Arab Saudi akan meningkatkan transaksi pembelian ikan hias dari Indonesia. Ini peluang sangat besar bagi pelaku usaha ikan hias di tanah air," ujar Gunawan

Menurut Gunawan, Indonesia memiliki sumber daya hewan peliharaan yang sangat bervariasi dan dalam jumlah yang besar, terlebih karena perairannya yang luas. Hal ini juga termasuk ikan hias air tawar.

Baca Juga: Ekspor Minyak Goreng Dibuka Kembali 23 Mei 2022, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

Gunawan menyampaikan, budi daya ikan hias air tawar di Indonesia banyak melibatkan peternak dengan skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Untuk itu, pemerintah, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta asosiasi perlu meningkatkan kompetensi para peternak dan kapasitas produksi budidaya ikan hias air tawar melalui skema integrasi dengan agregator yang dapat mendorong peningkatan ekspor bagi pelaku UMKM," kata Gunawan.

Berdasarkan data statistik perdagangan, ekspor ikan hias Indonesia ke Arab Saudi pada 2022 sebesar 132 ribu dolar AS. Nilai ini menurun dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 344 ribu dolar AS akibat pandemi COVID-19 dan kenaikan tiga kali lipat pada ongkos pengiriman (shipping cost).

Baca Juga: Daftar Nama Pemain Dikta dan Hukum di RCTI: Ada Ajil Ditto, Natasha Wilona, Yoriko Angeline, dan Abun Sungkar

Sementara itu, kemampuan ekspor ikan hias air tawar Indonesia untuk ekspor ke seluruh dunia mengalami peningkatan pada tiga tahun terakhir, yaitu tercatat pada 2022 sebesar 29,55 juta dolar AS, 2021 senilai 27,85 juta dolar AS dan 24,68 juta dolar AS di 2020.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x