Menhub Ikuti Perintah Jokowi, Bandara Kertajati Bakal Disulap Jadi Bandara Premium Mirip YIA

- 26 Maret 2023, 17:39 WIB
Menhub Ikuti Perintah Jokowi, Bandara Kertajati Bakal Disulap Jadi Bandara Premium Mirip YIA.
Menhub Ikuti Perintah Jokowi, Bandara Kertajati Bakal Disulap Jadi Bandara Premium Mirip YIA. /Zonapriangan.com/Rachmat Iskandar ZP

Literasi News – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat bisa dijadikan alternatif bandara internasional selain Soekarno Hatta (Soetta) Airport.

Menurut Menhub, Arahan Presiden Jokowi itu mengingatkan Jabar sebelumnya hanya memiliki Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung dengan landasan pacu yang pendek sehingga tidak memenuhi kualifikasi sebagai alternative bandara internasional selain Soekarno Hatta.

“Kita tahu bahwa Jawa Barat hanya mempunyai Bandara Husein Sastranegara, Bandung, tetapi pendek. Nah, sekarang ini Kertajati dengan panjang kurang lebih 3.000 meter,” ungkap Menhub usai rapat bersama Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Akan Resmikan Galeri Rasulullah di Mesjid Raya Al-Jabbar Senin Besok

Selain menjadi alternative bandara internasional, Menhub Budi pun menyatakan Bahwa Bandara Kertajati sedang mempersiapkan diri untuk menjadi bandara kelas premium. Kondisi itu, didukung dengan panjang landasan pacu Bandara Kertajati yang sama dengan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo.

Budi menambahkan, setelah beroperasinya seluruh seksi Jalan Tol Cisundawu penghubung Bandung ke Kertajati yang ditargetkan pada 15 April 2023 akan mendukung operasional Bandara Kertajati.

Dia pun membeberkan terkait intruksi Presiden kepadanya saat rapat yakni untuk memikirkan bagaimana Bandara Kertajati ini bisa efektif dan mengurangi loaded di Bandara Soetta.

Diketahui jumlah penerbangan di Bandara Soetta sudah mendekati sama seperti sebelum Covid-19 lebih kurang 1.100 atau 1.200 pergerakan, tetapi dengan occupancy yang lebih tinggi.

Baca Juga: TAMAT! Nonton Anime Reborn to Master the Blade: From Hero-King to Extraordinary Squire Episode 12 Sub Indo

“Nah, sehingga Soekarno Hatta itu pada titik tertentu yang maksimal. Dan, Bapak Presiden juga memerintahkan bahwa efektifitas Kertajati ini menjadi satu tambahan bagi mereka yang ke luar negeri, bagi mereka yang mengangkut barang, juga bagi mereka yang akan umroh,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x