Profil Anwar Usman, Adik Ipar Jokowi yang Resmi Terpilih Kembali Jadi Ketua MK

- 16 Maret 2023, 09:22 WIB
Profil Anwar Usman, Adik Ipar Jokowi yang Resmi Terpilih Kembali Jadi Ketua MK.
Profil Anwar Usman, Adik Ipar Jokowi yang Resmi Terpilih Kembali Jadi Ketua MK. /Carryla/Tangkapan layar

Literasi News - Profil Anwar Usman menjadi sorotan, setelah secara resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023-2028.

Anwar Usman merupakan suami dari adik kandung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayanti, yang diketahui telah menikah pada tahun 2022 lalu.

Seperti apa profil Anwar Usman selengkapnya? Simak ulasan berikut.

Melansir dari laman MK, Anwar Usman pada 31 Desember 1956 di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada tahun 1975, ia mengawali karirnya sebagai guru honorer.

Baca Juga: Sah! Adik Ipar Jokowi, Anwar Usman Kembali Terpilih Menjadi Ketua MK

Pada tahun 1969, Anwar lulus dari SDN 03 Sila, Bima, dan melanjutkan pendidikan menengahnya di Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) selama enam tahun, hingga lulus pada tahun 1975.

Kemudian ia merantau ke Ibu Kota Jakarta dan kembali menjadi guru honorer di SD Kalibaru, sembari melanjutkan pendidikan S1-nya di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta dan lulus pada tahun 1984.

Semasa kuliah, Anwar Usman aktif dalam kegiatan teater yang dibina oleh Ismail Soebardjo. Bahkan, Anwar sempat beradu akting dalam sebuah judul film yang dibintangi oleh Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuan, dan Rini S. Bono, yang berjudul Perempuan dalam Pasungan. Film itu menjadi film terbaik dan mendapat Piala Citra pada tahun 1981.

Setelah lulus kuliah dan mendapat gelar sarjana hukum, Anwar mencoba mengikuti tes calon hakim. Pada tahun 1985, Anwar lulus dan diangkat sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Bogor.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x