Seleksi CASN 2023 Dibuka Untuk Umum, Menpan RB: Tidak Hanya Dari Jalur Sekolah Kedinasan

- 31 Januari 2023, 12:22 WIB
Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyebutkan bahwa seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023 akan dibuka untuk umum.
Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyebutkan bahwa seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023 akan dibuka untuk umum. /Dokumen menpan.go.id

Literasi News - Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023 akan dibuka untuk umum.

Perihal seleksi CASN 2023 itu seperti disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, dalam keterangan resminya, Selasa 31 Januari 2023.

"Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan," kata Menpan RB, seperti dilansir Antara.

Menpan RB menjelaskan, terkait formasi seleksi CASN yang melingkupi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) itu, selain pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan pendidikan, pemerintah juga berfokus pada pemenuhan talenta digital.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp2.000 Jadi Rp1.027.000 Per Gram Hari Ini Selasa 31 Januari 2023

Hal tersebut, menurut Menpan RB, sebagai bentuk transformasi digital yang sedang dilakukan dalam membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

"Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digital yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur SPBE. Formasi lain yang juga akan dibuka adalah hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” tuturnya.

Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan bahwa saat ini instansi pemerintah dalam tahapan persiapan pengusulan formasi seleksi CASN.

"Sekarang, semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah