Daftar Nama 5 Tokoh Akan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional Menjelang Hari Pahlawan 10 Nopember 2022

- 6 November 2022, 22:45 WIB
Berikut ini Daftar Nama 5 Tokoh Akan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional Menjelang Hari Pahlawan 10 Nopember 2022
Berikut ini Daftar Nama 5 Tokoh Akan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional Menjelang Hari Pahlawan 10 Nopember 2022 /Presiden.go.id/

Literasi News - Pemerintah akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional bagi 5 tokoh yang dipilih berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

Dikutip dari laman presidenri.go.id Pertama, gelar pahlawan nasional akan diberikan kepada almarhum DR. dr. H. R. Soeharto dari Jawa Tengah yang dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan setelah kemerdekaan, ia ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

Kedua, pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum KGPAA Paku Alam VIII yang merupakan Raja Paku Alam dari tahun 1937-1989.

Baca Juga: Jam Tayang Liga Inggris Tottenham vs Liverpool Live di SCTV 6 November 2022: Cek Jadwal Acara TV Hari Ini

Beberapa jasa almarhum KGPAA Paku Alam VIII antara lain bersama Sultan Hamengkubowono IX dari Keraton Yogyakarta mengintegrasikan diri pada awal kemerdekaan Republik Indonesia sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi utuh hingga saat ini.

Ketiga, pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra, dari Kalimantan Barat.

Almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra telah menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling pada saat kemerdekaan. Bahkan, almarhum bersama istrinya dijatuhi hukuman mati oleh Jepang karena perjuangannya yang gigih untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Hp Xiaomi Redmi Note 12 Terbaru, Berikut Spesifikasi dan Juga Harganya

Keempat, pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum H. Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara.

Selama 32 tahun, almarhum H. Salahuddin bin Talibuddin dinilai telah berjuang dan ikut membangun Indonesia berdasarkan Pancasila. Ia pernah dibuang ke Boven Digul tahun 1942 dan Sawahlunto tahun 1918-1923.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x