Hewan Kurban yang Dijual di Kota Tasikmalaya Dijamin Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Perikanan Bebas PMK

- 3 Juli 2022, 19:48 WIB
Hewan Kurban yang Dijual di Kota Tasikmalaya Dijamin Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Perikanan Bebas PMK
Hewan Kurban yang Dijual di Kota Tasikmalaya Dijamin Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Perikanan Bebas PMK /Literasi News/BU

Literasi News - Untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang dijual pada musim kurban Idul Adha 1443 H, Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Perikanan Kota Tasikmalaya telah memeriksa ternak yang keluar maupun masuk Kota Tasikmalaya bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal itu dikatakan diungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Perikanan Kota Tasik Adang Mulyana saat melakukan insfeksi mendadak (sidak) bersama Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya ke-sejumlah tempat penjualan hewan kurban yang ada di Kota Tasikmalaya, akhir pekan ini.

Dari sejumlah tempat yang disidak, ia mengklaim mayoritas sapi dalam keadaan sehat, "sejumlah pedagang yang menjual hewan kurban di Kota Tasik telah mengantisipasi agar sapi yang dijual tetap sehat. Pedagang memberikan nutrisi tambahan seperti telur, madu, dan larutan agar tetap sehat dan bugar," ungkapnya.

Baca Juga: Chord Gitar Lagu Tiara Cover by Raffa Affar, Lengkap Dengan Liriknya: Jika Kau Bertemu Aku Begini

Hewan kurban khususnya sapi yang dijual pada musim kurban Idul Adha tahun ini,.selain stok lokal, ada juga yang didatangkan dari luar, khususnya sapi Madura.

Adang menghimbau kepada para pedagang dan masyarakat, ketika mengetahui ada gejala ternak tidak sehat atau bergejala PMK, segera melapor ke dinas. Nantinya Petugas akan langsung melakukan penanganan dengan memberi obat atau jamu. Gejala tersebut seperti mulut sapi terus berliur, kaki luka, dan badan panas.

Masyarakat juga, kata Adang, tidak perlu khawatir. Sebab, daging sapi yang tertular PMK sebenarnya masih bisa dikonsumsi asalkan dimasak minimal 30 menit. "Untuk bagian mulut, kaki, dan jeroan hewan yang terkena PMK, sebaiknya tak usah dikonsumsi," terang Adang.

Baca Juga: Gratis Download MP3 Lagu Tak Ingin Usai - Viral Oleh Keisya Levronka Lengkap Disertai Lirik Lagunya

Ketua Komisi II DPRD Kota Tasik Andi Marsandi mengatakan walaupun dari hasil pemantauan dilapangan, hewan kurban yang dijual rata-rata sehat dan layak konsumsi. Pihaknya, meminta dinas bisa menjaga dan memastikan hewan kurban yang dijual untuk persiapan Lebaran Haji atau Idul Adha, tetap sehat.

"Kami juga akan terus mendorong dinas untuk berkoordinasi dengan pusat, segera mendapatkan vaksin agar vaksinasi segera dilaksanakan," ujar Andi.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x