Target Zakat Mal Baznas Jabar Rp1,6 triliun, Ridwan Kamil: Zakat Dapat Membantu Mengatasi Kemiskinan Ekstrim

- 12 April 2022, 15:22 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menunaikan pembayaran zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 12 April 2022.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menunaikan pembayaran zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 12 April 2022. /DOK. Pemprov Jabar/Adam Sarja/Biro Adpim Jabar

Literasi News - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunaikan pembayaran zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 12 April 2022.

Pada kesempatan itu Ridwan Kamil mengungkapkan melalui zakat mal diharapkan dapat membantu mengatasi kemiskinan ekstrem. Selain itu membayar zakat pada bulan Ramadan bertujuan membersihkan sebagian harta yang kotor.

"Zakat itu ibaratnya menyucikan. Barangsiapa yang tidak berzakat ibaratnya didalam hartanya banyak kotoran. Nah untuk membersihkannya harus melalui zakat," kata Ridwan Kamil.

Dalam acara tersebut, Ridwan Kamil menandatangani prasasti klinik Inggit Garnasih dan meluncurkan Rumah Singgah Baznas Jabar (Rengginas).

Ridwan Kamil mengatakan di bulan yang penuh dengan keberkahan ini, pembayaran zakat dilakukan dari level Presiden ke Gubernur, hingga Wali Kota/Bupati kepada Baznas.

"Di bulan Ramadan penuh keberkahan kita menyelenggarakan kegiatan pembayaran zakat dari level Presiden, Gubernur, Wali Kota/ Bupati kepada Baznas di wilayah masing-masing," ucap Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Menunaikan zakat di bulan Ramadan merupakan salah satu kegiatan yang bermaslahat. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Ini sangat relevan dengan semangat Ramadan yang terus kita carikan kegiatan-kegiatan yang bermaslahat," ujarnya.

Sementara itu, target jangka pendek pengumpulan potensi zakat kepada Baznas Jabar tahun ini sebesar Rp1,6 triliun.

"Potensi zakat di Jabar itu sekitar Rp 30 triliun. Sehingga dari target Baznas Jabar Rp 746 miliar kita targetkan mudah-mudahan dalam waktu jangka pendek dapat tercapai Rp1,6 triliun. Semoga warga Jabar bisa soleh dan mencapai target," jelas Kang Emil.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x