Optimis Indonesia Bisa Jadi Raksasa Digital, Presiden Jokowi Minta OJK Awasi Fintech

- 11 Oktober 2021, 14:48 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Pekan Olahraga Nasional di Papua.
Presiden Jokowi saat membuka Pekan Olahraga Nasional di Papua. /Instagram@jokowi/

Literasi News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti banyaknya masyarakat yang tertipu dan terjerat tindak pidana keuangan melalui pinjaman online. Kepala Negara pun meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengawasi penyelenggaraan fintech.

Dikutip Literasinews.com Laman PMJNews.com Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan keynote speech pada OJK Virtual Innovation Day 2021 di Istana Negara, Senin, 11 Oktober2021.

"Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan oleh berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya," jelas Jokowi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Negara

Baca Juga: Kemendikbudristek Dukung Kompetisi Vokasi Bidang Pertanian 'AITEC' di Politeknik Negeri Jember

Menurut Jokowi, saat ini penyelenggara fintech, termasuk fintech syariah terus bermunculan, inovasi-inovasi finansial teknologi juga semakin berkembang, serta fenomena sharing ekonomi semakin banyak ditemukan dari ekonomi berbasis peer to peer hingga business to business.

Jokowi juga meminta agar kemunculan berbagai perbankan dan asuransi berbasis digital serta e-payment saat ini pun harus mendapatkan dukungan pemerintah.

"Perkembangan yang cepat ini harus dijaga, harus dikawal, sekaligus difasilitasi untuk tumbuh secara sehat untuk perekonomian masyarakat kita," tuturnya.

Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19, Gus Yaqut Larang Pawai Keliling Dalam Perayaan Maulid Nabi

Presiden meyakini apabila perkembangan fintech ini mendapatkan pengawasan dan pengawalan yang tepat dari pemerintah, maka Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi raksasa digital setelah China dan India.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X