Bayi Lahir di Rumah Sakit Dapat Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) Baru Dengan Layanan Bala Putra Dewa

- 20 April 2021, 15:49 WIB
Bayi Lahir di Rumah Sakit Dapat Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) Baru Dengan Layanan Bala Putra Dewa
Bayi Lahir di Rumah Sakit Dapat Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) Baru Dengan Layanan Bala Putra Dewa /Ditjen Dukcapil Kemendagri/

Literasi News - Dengan layanan Bala Putra Dewa milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disudukcapil) Kabupaten Semarang, setiap bayi yang lahir di Rumah Sakit langsung mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) baru.

Bala Putra Dewa merupakan akronim dari Bayi Lahir Pulang Beserta Akta Dengan Wajah Ceria, layanan Disdukcapil Semarang. Layanan untuk membuat Akta Kelahiran dan KK baru, bekerjasama dengan rumah sakit dan puskesmas.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Semarang, Retno Widuri mengatakan Inspirasi, inovasi Bala Putra Dewa pada dasarnya adalah produk kerja sama antara Disdukcapil dengan berbagai Rumah Sakit dan Puskesmas di Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Tabrakan, Truk vs Avanza di Jalan Raya Jonggol Cikalongkulon Cianjur, Satu Tewas Tiga Luka Berat

“Dengan inovasi ini, maka bayi yang baru lahir di berbagai rumah sakit dapat menerima Akta Kelahiran, sekaligus juga Kartu Keluarga (KK) baru,” tutur Widuri dikutip Literasinews dari laman resmi Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Ia mengatakan inovasi itu sebetulnya sudah dijalankan sejak 2016. Tahun ini, Bala Putra Dewa jangkauannya diluaskan bekerja sama dengan 26 Puskesmas Rawat Inap.

Direktur Pendaftaran Penduduk, Ditjen Dukcapil Kemendagri David Yama, menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, inovasi-inovasi tersebut tidak mungkin terjadi tanpa adanya itikad bersama untuk melakukan pembangunan karakter aparatur Disdukcapil untuk lebih profesional.

Baca Juga: Gol Ezra Pastikan Persib Bandung ke Final. Di Partai Puncak Piala Menpora Persib Bertarung Lawan Persija

“Di bawah kepemimpinan Bapak Dirjen Dukcapil, ternyata pembangunan karakter bisa dilakukan hanya dalam jangka waktu 5 - 6 tahun. Tebukti dengan munculnya inovasi dari Kabupaten Semarang yang sangat baik ini,” ujarnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x