Siap-siap, Seleksi 1 Juta Guru PPPK Dilaksanakan Mei 2021. Berikut Ini Penjelasan Kepala BKN

- 5 Maret 2021, 13:50 WIB
Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan rencana seleksi 1 Juta Guru PPPK akan dilaksanakan pada bulan Mei 2021.
Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan rencana seleksi 1 Juta Guru PPPK akan dilaksanakan pada bulan Mei 2021. /BKN

Literasi News - Bagi guru honorer yang akan ikut seleksi PPPK ( Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) segera mempersiapkan diri. Pasalnya Badan Kepegawaian Negara ( BKN ) memastikan seleksi 1 Juta Formasi Guru PPPK akan dilaksanakan Mei 2021.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam Rapat Koordinasi virtual yang digelar Kementerian PANRB, Kamis 4 Maret 2020 menguraikan gambaran rencana pelaksanaan seleksi ASN 2021, di antaranya seleksi PPPK Guru dengan Formasi 1 Juta Guru diperkirakan akan dilaksanakan pada Mei 2021.

Menyikapi masa pandemi yang masih bergulir, Bima mengatakan BKN masih tetap menyediakan sistem CAT berbasis online secara keseluruhan untuk seleksi PPPK, diikuti dengan penggunaan video conference sebagai sarana dalam pengawasan. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi BKN.

Baca Juga: Pergerakan Tanah di Sindanglangu, Batulawang, Cipanas, Cianjur, Terus Meluas. Kini 2 Rumah Terancam Amblas

Begitu juga dengan penerapan protokol kesehatan pada saat seleksi PPPK, Bima menyebutkan BKN akan melibatkan sejumlah pihak untuk menghindari adanya kerumunan di lokasi ujian nantinya.

Sementara dari aspek persiapan penyusunan soal ujian, Bima meminta agar penyusunan soal-soal ujian khususnya soal SKB segera dimutakhirkan oleh masing-masing Instansi Pembina Jabatan Fungsional, sesuai dengan kewenangannya.

Demikian pula dengan soal ujian untuk calon PPPK dengan menerapkan tingkat kesulitan soal sesuai standar pada level jabatan maupun antar wilayah.

Baca Juga: Tolak Pelaksanaan KLB, DPD Partai Demokrat Sumut Nyatakan Komitmen Loyal Pada Kepemimpinan AHY

Sementara penyusunan soal SKD, Bima
menyebutkan saat ini sedang difinalisasi oleh
Konsorsium Perguruan Tinggi. Adapun untuk
pelaksanaan seleksinya, sistem CAT BKN akan memfasilitasi SKD dan SKB bagi CPNS, Sekolah Kedinasan, dan PPPK non-Guru. Sedangkan untuk 1 Juta Guru PPPK akan difasilitasi dengan UNBK Kemdikbud.

Sebelumnya, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) tengah melakukan persiapan infrastruktur pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021, meliputi seleksi PPPK, CPNS dan Sekolah Kedinasan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x