Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona B117 di Indonesia, Begini Menurut Kemenkes

- 4 Maret 2021, 16:29 WIB
Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi.
Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi. /Dok. Humas Kemenkes

Literasi News - Varian baru virus corona asal Inggris yang dikenal dengan nama B117 diumumkan sudah masuk ke Indonesia, dua orang TKI asal Karawang dikonfirmasi terpapar virus corona B117 ini.

Meskipun selanjutnya dua orang TKI yang tekena virus corona B117 ini sudah dinyatakan sembuh, namun banyak kehawatiran atas meluasnya penularan jenis baru Covid-19 ini.

Menanggapi hal itu, Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan telah membuat kebijakan dalam mencegah penyebaran mutasi virus Corona B117 dari Inggris, yang terdeteksi sudah masuk ke Indonesia bertepatan dengan setahun pandemi menyerang Tanah Air.

Baca Juga: Dari Target 15.000, Baru 6.000 Pelayan Publik di Cianjur Sudah Mendapat Vaksin Dosis Pertama

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa salah satu pencegahannya adalah penguatan protokol kesehatan 3M.

"Tentunya penguatan 3M (protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Deteksi dini dengan penguatan testing, peningkatan pelacakan kasus dan isolasi," Siti Nadia Tarmizi dikutip Literasinews.com dari PMJNews Kamis, 4 Maret 2021.

Siti Nadia menjelaskan vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus tersebut.

Baca Juga: Penyerangan oleh Laskar FPI di KM 50, Bareskrim Polri Resmi Hentikan Kasus Hukum Tersebut

Meskipun saat ini pemerintah tengah mempercepat vaksinasi, dirinya pun berharap masyarakat juga semakin meningkatkan kewaspadaan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X