Dua Pilihan Mekanisme Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Lanjut Usia atau Lansia

- 26 Februari 2021, 16:46 WIB
Ilustrasi, petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada tenaga kesehatan lanjut usia saat kegiatan vaksinasi massal dosis pertama di Rumah Sakit Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Senin 8 Februari 2021
Ilustrasi, petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada tenaga kesehatan lanjut usia saat kegiatan vaksinasi massal dosis pertama di Rumah Sakit Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Senin 8 Februari 2021 /Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Literasi News - Pekan kedua Februari 2021, vaksinasi Covid-19 memasuki tahap II yakni untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk 21 jutaan lansia diprioritaskan bagi warga ibu kota di 34 provinsi, khususnya Jawa Bali.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, saat ini 7 juta vaksin bagi lansia berumur di atas 60 tahun sudah siap untuk didistribusikan secara proporsional di 34 provinsi.

Vaksin buatan PT Biofarma ini 70 persen dialokasikan di ibu kota provinsi Jawa Bali. Mengingat banyaknya jumlah lansia di provinsi-provinsi wilayah tersebut. Sampai saat ini Jawa-Bali masih merupakan zona merah penularan Covid-19.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris, Liga Italia, Bundesliga, dan La Liga di NET TV, RCTI

Dikutip Literasinews dari laman Indonesia.go.id, pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Peserta dapat mendaftar dengan mengunjungi laman Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id/ dan situs Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid-19.go.id/.

Di kedua laman tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi. Keluarga atau pengurus RT/RW bisa membantu para lansia mengisinya.

Baca Juga: Keinginan Kemenag Tambah Kuota Formasi Guru dan Dosen pada Rekrutmen PPPK 2021 Belum Terealisasi

Setelah peserta mengisi data di laman tersebut maka seluruh data peserta akan masuk ke dinas kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia.

Sementara pilihan kedua yaitu mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X