BKN: Kuota Rekrutmen 1 Juta PPPK 2021 Tidak Termasuk Guru Honorer Kemenag. Ini Penjelasannya

- 21 Februari 2021, 18:29 WIB
Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan kuota 1 juta PPPK 2021 sementara baru untuk Kemendikbud, guru honorer di Kemenag belum masuk. /Youtube

Literasi News - Guru honorer di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) belum masuk dalam kuota rekrutmen 1 juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. Kuota 1 juta guru PPPK 2021 itu baru diperuntukkan untuk pendaftar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam diskusi daring yang ditayangkan di kalan Youtube belum lama ini. Hal itu disampaikan Bima menjawab adanya keinginan agar guru honorer dilingkungan kemenag bisa masuk dalam kuota rekrutmen 1 juta guru PPPK 2021.

"Sampai saat ini kuota 1 juta guru PPPK hanya untuk Kemendikbud, guru honor kemenag belum masuk. Memang mau ada diskusi antara pihak terkait, tapi kami belum menerima hasilnya," katanya.

Baca Juga: Program KPR Bersubsidi Cicilan 20 Tahun, Berikut Ini Daftar Bank yang Bekerja Sama

Bima juga mengatakan pihaknya telah meminta data base guru honorer kemenag. Namun data base kemenag tidak sebaik dapodik milik kemendikbud. "Dapodik kemendikbud itu detail by name by scholl addres lengkap. Kalau data kemenag itu campur, bukan hanya guru honorer negeri," katanya.

Pihaknya, lanjut Bima, sudah pernah meminta data guru honorer yang mengajar di sekolah negeri lingkungan kemenag. Namun hingga saat ini tidak ada data base khusus karena data di kemenag bercampur.

"Kita coba selesaikan satu satu. Kami BKN ini cuma managemen, sedangkan guru-guru itu ada di Kemendikbud dan Kemenag," katanya.

Baca Juga: Jalur Rel Terendam Banjir, Perjalanan KA Dibatalkan. Ini Penjelasan PT KAI Daop 1 Jakarta

Sebelumnya, Kemenag menyampaikan akan meminta tambahan kuota formasi guru dan dosen untuk seleksi 1 juta guru PPPK 2021. Sebab saat ini Kemenag masih kekurangan guru dan dosen sebanyak 68.064 orang.

Permintaan tambahan kuota tersebut dikarenakan Kemenag hanya mendapat kuota 9.464 orang untuk guru PPPK 2021. Jumlah tersebut baru memenuhi sekitar 14 persen dari kebutuhan keseluruhannya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X