Kepala Daerah Diminta Lakukan Pemetaan Zonasi Penyebaran Covid-19, Berlakukan PPKM atau AKB Skala Mikro

- 12 Februari 2021, 15:26 WIB
Jokowi Tetapkan PPKM Skala Mikro Mulai 9 Februari 2021. Namun pengendalian laju penyebaran jadi prioritas, dan pemetaan zonasi penyebaran
Jokowi Tetapkan PPKM Skala Mikro Mulai 9 Februari 2021. Namun pengendalian laju penyebaran jadi prioritas, dan pemetaan zonasi penyebaran /Laily Rachev/Biro Pers Setpres

Literasi News - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah melakukan pemetaan zonasi penyebaran Covid-19 secara detail. Apabila dirasa perlu ini, PPKM atau AKB bisa dilakukan tetapi dalam skala mikro, dalam lingkup kecil. Baik itu dalam skala kampung, desa, RW atau RT.

Selain itu, pemerintah daerah (pemda) diminta bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI, dan Polri dalam mengambil langkah jika terdapat kasus positif di wilayahnya. “Jika dirasa perlu ini PPKM bisa dilakukan tetapi skala mikro, dalam lingkup kecil. skala kampung, desa, RW atau RT saja,” ujarnya.

Pemda juga harus memerhatikan ketersediaan tempat tidur perawatan di rumah sakit dan obat-obatan maupun kesiapsiagaan tenaga medis dalam melakukan perawatan pada pasien Covid-19. Namun pengendalian penyebaran Covid-19 harus menjadi prioritas utama dalam upaya mengatasi pandemi.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Episode 12 Februari 2021, Andin Masih Kecewa Pada Al

“Pengendalian laju penyebaran virus harus menjadi prioritas utama kita,” tegasnya saat memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2021, Kamis 11 Februari 2021, di Istana Negara, Jakarta.

Pada forum ini, Presiden menyampaikan ucapan terima kasih kepada wali kota seluruh Indonesia yang bergerak bersama-sama pemerintah pusat menangani pandemi Covid-19 baik dampak kesehatan maupun di bidang sosial dan ekonomi.

"Pandemi belum berakhir dan semua pihak harus terus bekerja keras dalam upaya untuk pulih dan bangkit," katanya dikutip Literasinews dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

Baca Juga: Ingin Tahu Perkembangan Terbaru Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK 2021? Ini Kata Mendikbud

Terkait upaya pengendalian laju penyebaran virus, Kepala Negara kembali menegaskan tentang pentingnya disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

“Saya kira berulang-ulang sudah saya sampaikan, disiplin 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) harus tetap digaungkan kepada masyarakat. Pemda, saya sudah perintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri, akan dibantu oleh aparat TNI dan Polri di daerah,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x